1.993 Calon Mahasiswa Diterima di UGM Melalui SNMPTN

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Gadjah Mada ( UGM) pada tahun 2017 ini menerima 1.993 calon mahasiswa module sarjana melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN).

Prodi dengan peminat terbanyak dalam SNMPTN di UGM tahun ini adalah Program Studi Akuntansi.

“Tahun ini UGM menerima 1.993 calon mahasiswa Program Sarjana melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN),” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM, Iwan Dwiprahasto, dalam rilis humas UGM, Kamis (27/04/2017).

Baca juga: Hasil SNMPTN 2017 Sudah Bisa Dicek di “Kompas.com”!

Para calon mahasiswa tersebut terbagi dalam kelompok bidang IPA sebanyak 1.408 dan kelompok bidang IPS sebanyak 585 orang. Dengan demikian, hanya 5,88 persen calon mahasiswa yang akhirnya diterima di UGM melalui jalur SNMPTN.

“Calon mahasiswa yang diterima ini berhasil masuk UGM setelah rekam prestasi akademiknya unggul bersaing dengan 33.887 peserta SNMPTN yang mendaftar di UGM,” tuturnya.

Dijelaskanya, tiga prodi bidang IPA dengan peminat terbanyak adalah Program Studi Farmasi, Pendidikan Dokter, dan Teknik Sipil. Sedangkan untuk bidang IPS, yaitu Akuntansi, Manajemen, dan Psikologi.

“Prodi dengan peminat terbanyak dalam SNMPTN di UGM tahun ini adalah Program Studi Akuntansi,” tandasnya.

Prodi dengan selektivitas tinggi untuk kelompok bidang IPA, yaitu Teknologi Informasi, Statistik, Ilmu Komputer, dan kelompok bidang IPS, yaitu Sastra Inggris, Ilmu Komunikasi, dan Manajemen.

“Untuk yang dinyatakan diterima calon mahasiswa harus mengisi biodata yang tersedia di laman penerimaan mahasiswa baru UGM (um. ugm.ac.id) dan harus mengunggah dokumen yang disyaratkan,” tegasnya.

Baca juga: Resmi, SNMPTN 2017 Sudah Diumumkan!

Menurut Iwan, tahun ini secara nasional jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 78 PTN se-Indonesia sebanyak 101.906 siswa. Dari jumlah tersebut, 27.058 siswa berasal dari peserta Bidikmisi, atau 20,68 persen dari sum peserta yang lulus.

“Peserta yang dinyatakan lulus, hasil seleksi yang dilakukan oleh panitia pusat dari jumlah pendaftar sebanyak 517.166 siswa,” pungkasnya.

More about ...