10 Ponsel Layar Terbaik 2017: Galaxy Note 8, iPhone X, Mi Mix 2

TEMPO.CO, San Francisco – Layar adalah batu pondasi dari sebuah ponsel. Anda tidak bisa membingkai foto tanpa itu, chipset yang kuat membutuhkannya untuk menunjukkan grafis keren.

Situs GSMArena mengeluarkan daftar 10 ponsel 2017 dengan layar terbaik. Daftar ini akan membantu Anda untuk membuat pilihan berdasarkan layarnya.

Baca: Ponsel Game Razer Phone Diluncurkan, Ini Harga dan Spesifikasinya

Daftar Top 10 ini mencakup ponsel yang terbaik, namun juga tetap perlu mengingat soal harga. Beberapa berada di bawah Rp 5 juta, namun beberapa ponsel lainnya dibanderol lebih tinggi.

Sedikit penjelasan sebagai indikator layar disertakan. Keterbacaan sinar matahari menunjukkan keterbacaan praktis pada cahaya terang – semakin tinggi jumlahnya semakin baik. Lalu ada penyimpangan warna (deltaE rata-rata), yang menunjukkan seberapa jauh warnanya dari ideal. Di sini lebih rendah lebih baik dan Anda menginginkan angka di bawah 5 untuk layar yang akurat.

Berikut daftar 10 ponsel dengan layar terbaik pada 2017 menurut GSM Arena. Ponsel tidak diurutkan berdasarkan aturan tertentu.

1. Samsung Galaxy Note 8

Seorang melukis menggunakan telepon genggam keluaran terbaru Samsung Galaxy Note 8 di Jakarta, 25 Sep 2017. Galaxy Note 8 telah mengembangkan kemampuan S Pen dibanding pendahulunya. Tempo/Tony Hartawan

Layar Samsung Galaxy Note8 melakukan semuanya. Ini adalah salah satu layar terbesar yang ada, memberi Anda lebih banyak ruang untuk digunakan. Ini juga memiliki keterbacaan cahaya matahari dan akurasi warna yang hebat, khas row AMOLED Samsung.  S Pen stylus adalah unik – ini memberi Anda pilihan untuk menulis dan membuat sketsa. Kebebasan berekspresi jauh melampaui keyboard dan emulator di layar. Begitu Anda terbiasa, kenyamanannya bagus dan tidak mengherankan jika memiliki banyak penggemar. Stasiun DeX memungkinkan Anda bekerja di lingkungan seperti desktop.

2. Apple iPhone X

Seorang pengunjung mengambil gambar kaos Apple Park menggunakan iPhone X saat mengunjungi Apple Visitor Center di Cupertino, California, 17 Nov 2017. REUTERS

Apple iPhone X memiliki keterbukaan sinar matahari terbaik dari setiap ponsel 2017 yang telah diuji GSMArena, bahkan mengalahkan row Samsung. Ini membantu agar layar cukup terang. Selain itu, akurasi warna lebih baik dari pada Note. Layar X berbentuk aneh – dimulai dengan rasio aspek 19,5: 9 dan diakhiri dengan lekukan. Pengembang aplikasi mulai beradaptasi dan pengguna mulai terbiasa dengan ketiadaan tombol Home. Layar iPhone X modernise pada 60Hz seperti biasa, namun sensor sentuh kapasitif bekerja pada 120Hz untuk waktu reaksi instan.

3. Sony Xperia XZ Premium

Sony Xperia XZ Premium. Kredit: YouTube

Tentu, baik Galaxy dan iPhone memiliki dukungan HDR, namun tidak ada ponsel di pasaran yang memiliki dukungan HDR pada resolusi 4K – kecuali Sony Xperia XZ Premium. Ponsel ini mendukung layanan streaming video utama, yang menawarkan konten HDR. Adaptive Tone Mapping (diadopsi dari BRAVIA TV) memastikan konten tetap terlihat bagus meski dalam kondisi cahaya ambient yang cerah. Berukuran 5,46 inci, ini adalah layar pale tajam dalam daftar ini.

4. Huawei Mate 10 Pro

Huawei Mate 10 Pro. Kredit: CNET

Bezel tipis yang mengesankan mengelilingi layar AMOLED berkualitas tinggi – itulah resep kesuksesannya. Dengan dukungan HDR10 dan akurasi warna yang menakjubkan, Pro bersinar lebih terang dari Mate 10 biasa. Huawei membangun mode desktop sendiri, yang disebut Projection, untuk menyaingi solusi Samsung. Tidak ada stylus, tapi isyarat jari sangat berguna pada kesempatan tertentu. Perlu diingat bahwa Huawei tetap berada di luar harga jual Samsung dan Apple sehingga harganya cukup terjangkau untuk ponsel andalan 2017.

5. Xiaomi Mi Mix 2

Xiaomi mengumumkan kehadiran smartphone terbarunya, Mi MIX 2 di Beijing, China, 11 Sep 2017. Berbeda dari versi pertama, Xiaomi Mi Mix 2 memiliki rasio layar 18:9, meningkat dari sebelumnya 17:9. Foto/Xiaomi

Mix awal memukau dengan desain minim bezel. Layar Xiaomi Mi Mix 2 berukuran lebih kecil dan lebih tinggi, tapi itu membuat ponsel lebih kompak. Anda mendapatkan lebih banyak layar daripada iPhone 8 Plus di bodi yang lebih kecil. Tes GSMArena mematok layar Mi Mix 2 sebagai layar yang pale akurat warna – deltaE rata-rata berada di bawah 1.0! Angka di bawah 5 adalah “cukup baik”, tapi ini bahkan mengungguli iPhone.

6. OnePlus 5T

OnePlus 5T Star Wars Edition. Kredit: Tech PP

OnePlus menang dengan fitur hebat pada harga terjangkau dan menggunakan layar 5.5 inci pada percobaan pertama mereka. Dengan OnePlus 5T, ia memperbaruinya sedikit – ke 18:9, membuat layar lebih tinggi tapi tidak lebih lebar. Meskipun lebih terjangkau daripada kebanyakan ponsel andalan yang bersaing, 5T memiliki layar yang sangat bagus. Keterbacaan sinar matahari lebih baik dari Galaxy Note 8 dan sebanding dengan S8. Layarnya tidak terang, tapi reflektifitas rendah membuat hal yang berbeda.

7. Samsung Galaxy J7 Pro

Samsung Galaxy J7 Pro. Kredit: YouTube

Samsung Galaxy J7 Pro memiliki layar yang sangat mengesankan dan merupakan ponsel pilihan di bawah € 300 (Rp 4,8 juta). Layar Super AMOLED-nya memiliki akurasi warna bintang – di antara yang terbaik dari semua ponsel, tidak hanya di daftar ini. Dan keterbacaan sinar matahari juga bagus. J7 Pro adalah indication regional, jadi ini alternatif jika Anda tidak dapat menemukannya di dekat Anda.

8. Motorola Moto Z2 Force

Motorola Moto Z2 Force. Kredit: YouTube

Sebagian besar ponsel membual tentang kaca yang keras, namun Motorola Moto Z2 Force menawarkan manfaat menggunakan plastik, yaitu plastik tidak pecah saat Anda menjatuhkan ponsel. Tentu, goresan lebih mudah, tapi itu adalah masalah estetika (bisa diatasi dengan pelindung layar datar yang murah). Moto ini juga tahan cipratan.

9. Razer Phone

Razer Phone. Kredit: Razer

Ada genre populer yang disebut tingle gameplay – di mana kesuksesan dan kegagalan hanya dipisahkan oleh reaksi kilat Anda. Ini biasanya penembak dan permaianan tempur, yang mencakup beberapa permainan pale populer saat ini. Sebagian besar pemain akan mengatakan bahwa layar 60Hz tidak memadai. Razer Phone sejauh ini unik dengan layar 120Hz. Layarnya juga mendukung Wide Color Gamut.

Baca: 10 Ponsel yang Tengah Trending di Dunia

10. Meizu Pro 7 Plus

Meizu Pro 7 Plus GSMArena. Kredit: GSMArena

Ponsel ini memiliki layar AMOLED ekstra di bawah kamera ganda belakang dan bisa digunakan untuk selfies. Beberapa ponsel memiliki kamera selfie yang bagus di bagian depan, namun tidak ada yang bisa menandingi kamera 12MP ganda ini.

GSMARENA

More about ...