11 Brand Handphone Ini yang Mendukung Android Q, Tidak Semua HP loh!

Sistem operasi keluaran Google, Android Q kini telah memasuki tahap Beta 3. Kabarnya tahap pengembangan akan selesai hingga Agustus tahun 2019 ini.

Ada beberapa fitur berbeda yang ditawarkan oleh Google. Di antaranya sistem privasi yang lebih aman untuk pengguna, dark mode sebagai opsi tema, built in shade recording, mendukung pengguna foldable smartphone, dan masih banyak lainnya.

Ada sederet brand ternama yang dapat menikmati fitur-fitur anyar Android Q. Kira-kira smartphone kamu termasuk tidak ya? Simak daftarnya berikut ini!

1. Google

11 Brand Handphone Ini yang Mendukung Android Q, Tidak Semua HP loh!cdn2.cnet.com

Tentunya sederet jenis smartphone Google termasuk dalam daftar penikmat Android Q. Di antaranya adalah Google Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Google Pixel, dan Pixel XL. Semuanya sudah dikonfirmasi akan mendapatkan Android Q.

2. Xiaomi

11 Brand Handphone Ini yang Mendukung Android Q, Tidak Semua HP loh!futurecdn.net

Tak mau kalah, terdapat beberapa smartphone Xiaomi yang dikonfirmasi bisa mencicipi Android Q. Mereka adalah Xiaomi Mi Mix 3 5G dan Mi 9. Sedangkan Redmi Note 7 Pro, Note 6 Pro, Note 7, Note 5 Pro, Redmi 7, dan Redmi Y 3 diprediksi akan menyusul kedua jenis tersebut.

3. OnePlus

11 Brand Handphone Ini yang Mendukung Android Q, Tidak Semua HP loh!geekbuying.com

Ada dua produk OnePlus yang mendukung Android Q, yaitu OnePlus 6T dan Oneplus 6. Ada kemungkinan tipe OnePlus 5 dan OnePlus 5T juga bisa mendapatkan fitur Android Q.

4. Huawei

11 Brand Handphone Ini yang Mendukung Android Q, Tidak Semua HP loh!cbsistatic.com

Huawei Mate 20 Pro, P20 Pro, dan P30 Pro adalah smartphone keluaran Huawei yang kebagian Android Q.

5. Nokia

11 Brand Handphone Ini yang Mendukung Android Q, Tidak Semua HP loh!nexcesscdn.net

Nokia bangkit kembali di tahun 2019 ini. Mereka memiliki beberapa jenis smartphone yang akan mendapatkan Android Q. Di antaranya Nokia 8.1 dan Nokia 4.2. Namun hingga saat ini Nokia 8.1 dikabarkan baru bisa mengakses versi betanya saja.

Baca Juga: Samsung Galaxy S10 Plus vs Huawei P30 Pro, Handphone Mana Pemenangnya?

6. Honor

11 Brand Handphone Ini yang Mendukung Android Q, Tidak Semua HP loh!zdnet.com

Anak brand dari Huawei ini tidak bisa diremehkan. Meskipun mengeluarkan smartphone kelas entry-level dan mid-range, mereka sudah mendukung sistem operasi Android Q. Di antaranya adalah Honor View 20 dan Honor 20.

7. Oppo

11 Brand Handphone Ini yang Mendukung Android Q, Tidak Semua HP loh!smartprix.com

Oppo Reno adalah smartphone Oppo pertama yang bisa menikmati Android Q. Kabarnya Oppo F11, dan F11 Pro akan menyusul Oppo Reno, tetapi masih belum ada konfirmasi dari Google.

8. Realme

11 Brand Handphone Ini yang Mendukung Android Q, Tidak Semua HP loh!developers.com

Brand smartphone dari China yang sedang berkembang ini juga kebagian. Pengguna Realme 3 Pro akan menjadi salah satu pengguna Realme pertama yang bisa mengakses Android Q. Realme 3 dikabarkan akan menyusul.

9. Sony

11 Brand Handphone Ini yang Mendukung Android Q, Tidak Semua HP loh!bhphotovideo.com

Pengguna Sony Xperia XZ3 patut berbahagia. Pasalnya mereka adalah pengguna Sony satu-satunya yang mendapatkan kesempatan menjajal versi Android terbaru tersebut.

10. Samsung

11 Brand Handphone Ini yang Mendukung Android Q, Tidak Semua HP loh!three.co.uk

Berbeda dengan brand lainnya, hingga saat ini belum ada satu joke smartphone Samsung yang dikonfirmasi untuk mendapatkan akses ke Android Q. Namun ada sederet tipe yang kemungkinan akan bisa mengaksesnya. Mereka adalah Galaxy S10, S10+, S10e, Galaxy A9, Galaxy Note 9, Galaxy S9, S9+, Galaxy A70, Galaxy A50, A30, dan A20.

11. Brand smartphone lainnya

11 Brand Handphone Ini yang Mendukung Android Q, Tidak Semua HP loh!myshopke.com

Selain yang telah disebut di atas, ada beberapa brand lain yang juga bisa mengakses Android Q. Di antaranya adalah Tecno Spark 3 Pro, LG G8, Essential Phone, Vivo X27, Vivo NEX S, dan Vivo NEX A.

Gimana, apakah smartphone kamu masuk ke dalam daftar? Siap-siap menantikan rilis resminya ya!

Baca Juga: 4 Smartphone Oppo dengan Kamera Berfitur OIS, Setara DSLR Lho

More about ...