12 Tahun Berkiprah, BNP2TKI Rayakan Ulang Tahun dengan …

Suara.com – Pada 8 Sep 2018, BNP2TKI genap berusia 12 tahun. Selama kurun waktu itu, BNP2TKI bersama Pekerja Migran Indonesia (PMI) telah berkiprah membangun negeri.

Tahun ini, BNP2TKI memperingati hari ulang tahun secara sederhana, sebelum berubah menjadi lembaga baru.

Sekretaris Utama BNP2TKI, Tatang Budie Utama Razak, menyatakan, di hari jadinya yang ke-12, BNP2TKI patut berterimakasih kepada Moh Jumhur Hidayat, Gatot Abdullah Mansyur, dan Nusron Wahid, serta semua para pegawai yang telah pensiun atas dedikasi dan sumbangih dalam mambangun dan membesarkan BNP2TKI.

“Kita bersama-sama menyaksikan, walaupun nantinya akan ada perubahan sesuai Undang-Undang No 18 Tahun 2017 dan Peraturan Presiden, perjalanan tidak selalu mudah. Ada suka dan duka yang kita lalui bersama. Banyak juga sorotan dari publik yang tidak selalu positif,” ujar Sestama BNP2TKI, saat memimpin upacara peringatan 12 tahun BNP2TKI dan potongan tumpeng, di Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Menurut Tatang, BNP2TKI harus terus berbenah diri untuk memberikan pelayanan prima kepada PMI dan keluarganya. Berbagai capaian telah digapai bersama dengan masyarakat dengan solusi kreatif dan tantangan, serta rintangannya.

“Kondisi perubahan ini akan kita alami dalam 2 sampai 3 tahun ke depan. Kita harus menunjukan kinerja lebih baik dan efisien, dan bukan berkeluh kesah. Kita sudah tahu dan harus tahu apa yang kita kerjakan,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini, perkembangan teknologi informasi (TI) akan semakin cepat, sehingga tuntunan publik juga semakin kritis dan inilah kondisi yang akan dihadapi ke depan.

Menurutnya, tugas BNP2TKI adalah membangun mesin birokrasi dan mencari inovasi dalam memberikan pelayanan dengan semangat reformasi birokrasi. Tempo waktu cepat dan tata kelola pelayanan kepada PMI harus lebih baik dalam sinergi dengan para stakeholder.

“Mengkomunikasikan kepada publik dan media atas capaian yang sudah BNP2TKI torehkan selama ini. Masyarakat mengapresiasi kerja yang dilakukan dan capaian yang sudah diraih, kendati dijalani di tengah-tengah kesulitan,” katanya.

Tatang minta kepada seluruh pegawai pusat dan daerah untuk tetap semangat bekerja, menunjukkan kinerja dan prestasi.

“Saya tetap mencintai BNP2TKI dengan semangat dan setulus hati. BNP2TKI adalah tempat kita untuk berkarya dan beribadah. Kita harus tetap semangat dan optimis. BNP2TKI sudah 12 tahun berkarya melayani PMI dengan prima,” jelasnya.

More about ...