149 Siswa Lolos SNMPTN

BERPRESTASI.Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palembang, Drs Sukarno,MM menyerahkan piagam penghargaan kepada Ismah Amatullah, siswi kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Palembang yang meraih nilai tertinggi UNBK tingkat SMA jurusan IPA di lingkungan SMA se-Perguruan Muhammadiyah Kota Palembang beberapa waktu lalu.(foto : sma muhammadiyah 1 plg for sumeks)

PALEMBANG – Sebanyak 149 siswa SMA Muhammadiyah 1 Palembang lolos seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) tahun 2017 di sejumlah PTN di Indonesia. Jumlah ini mengalami kenaikan sekitar 30 persen dibanding penyelenggaraan SNMPTN tahun 2016 lalu, yang hanya meloloskan sebanyak 116 siswa.
Para siswa  yang lolos tahun ini tersebar di sejumlah PTN. Di antaranya Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Lampung (Unila), Institut Teknologi Sumatera (Intera), dan yang terbanyak di Universitas Sriwijaya (Unsri).
“Tahun ini memang anak didik kami yang lolos SNMPTN mengalami kenaikan signifikan dibanding tahun sebelumnya. Ini tak lepas dari upaya dan kerja keras siswa, dibantu para guru dalam mempersiapkan anak-anak agar mendapatkan nilai bagus,” ucap Kepala SMA Muhammadiyah 1 Palembang, H Rosyidi MPd, di ruang kerjanya, kemarin (12/5).
Selain itu, menurut Rosyidi, saat pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) lalu, salah seorang siswinya atas nama Ismah Amatullah (kelas XII IPA 1), berhasil meraih nilai tertinggi SMA jurusan IPA dari seluruh sekolah di bawah naungan Perguruan Muhammadiyah Kota Palembang.
“Siswi kami atas nama Ismah Amatullah berhasil meraih sum nilai UNBK sebesar 325,5. Yang lebih membanggakan, nilai mata pelajaran matematikanya, meraih nilai sempurna, 100,” sebutnya.
Ada dua pola pembelajaran yang diterapkan, termasuk saat persiapan UNBK lalu, yakni pola reguler dan plus, yang telah diberlakukan sejak di bangku kelas X hingga XII. Selain itu, siswa SMA Muhammadiyah 1 Palembang juga dibekali nilai-nilai ibadah. Tak heran selain kelulusan siswa, juga dibarengi wisuda mampu menghafal hingga 10 juz ayat Alquran. “Tiap hari antara pukul 06.40 WIB hingga 07.00 WIB, kami ajak siswa melaksanakan kegiatan islami, mulai salat Duha berjemaah, tadarus Alquran hingga pembekalan agama melalui kultum yang disampaikan guru dan siswa,” ucapnya.
Di akhir pembicaraannya, Rosyidi menyebut, sejak 20 April-20 Juni 2017, SMA Muhammadiyah 1 Palembang telah membuka pendaftaran penerimaan siswa baru (PSB) jalur seleksi nilai rapor. Yang dilanjutkan, 30 Juni-14 Juli 2017, jalur seleksi ujian tertulis. “Sampai saat ini, sum sudah ada sekitar 150 calon siswa baru dari 430 calon siswa yang kami targetkan menjadi peserta didik baru, yang bakal menempati 14 kelas,” pungkasnya.
Sementara itu, Ismah Amatullah, mengaku sangat bersyukur dengan raihan prestasi yang dicapainya. “Ini tak lepas dari dukungan dan kerja keras para guru SMA Muhammadiyah 1 Palembang, yang selalu menuntun kami dalam belajar dan mengulang-ulang soal-soal UNBK tahun sebelumnya. Juga melatih kami mengerjakan soal yang rata-rata memang betul-betul muncul saat UNBK kali ini,” sebut Ismah, kemarin (12/5). (kms/nan/ce4)

More about ...