20 Fakta Gerhana Matahari Total ‘Langka’ di AS 21 Agustus 2017

Ilustrasi Gerhana Matahari Total (iStockphoto)

6. Terjadi dalam Siklus Saros

Gerhana matahari AS pada 21 Agustus nanti terjadi pada siklus Saros. Gerhana matahari dan lunar serupa terjadi setiap 6.585,3 hari (18 tahun, 11 hari, 8 jam). Fenomena itu terjadi di simpul yang sama, jarak antara Bulan dan Bumi hampir sama, serta terjadi pada waktu yang sama tahun ini.

7. Menyelimuti Seluruh Daratan AS

Semua orang di daratan AS akan melihat setidaknya gerhana matahari sebagian. Jika langit cerah pada hari gerhana, kegelapan dari Bulan akan mencakup setidaknya 48 persen permukaan Matahari dan berdampak pada menggelapnya seluruh wilayah Negeri Paman Sam.

8. Merambah Pertama Kali di Oregon

Kontak pertama ada di Oregon. Jika ingin menjadi orang pertama yang mengalami gerhana matahari sum di daratan AS, berada di tepi pantai di Government Point, Oregon, pukul 10:15:56 15:00 adalah lokasi yang sanga tepat. Selain itu, di sana, sum fase gerhana matahari sum berlangsung 1 menit, 58,5 detik.

9. Titik Pusat Gerhana Akan Melintasi 12 Negara Bagian di AS

Titik pusat akan melintasi Oregon dan berada di sana selama kira-kira sembilan menit. Kemudian menyambangi Idaho selama 12 menit. Selanjutnya Wyoming dan Nebraska.

Titik pusat gerhana akan menyambangi Kansas dan memasuki Missouri kurang dari dua menit kemudian. Pukul 13.19 waktu setempat, titik tengah bayangan melintasi Sungai Mississippi dan beberapa menit kemudian Illinois

Selanjutnya, gerhana akan melintasi Ohio, Kentucky, Tennessee, Carolina Utara, Georgia, dan Carolina Selatan.

10. Durasi 12 Menit

Gerhana matahari sum akan berlangsung maksimal selama 2 menit dan 40,2 detik. Untuk merasakan pengalaman itu, penikmat gerhana harus berada di selatan Carbondale, Illinois, di Giant City State Park.

More about ...