4 Rancangan Strategi Timnas Indonesia U-22 di Pentas SEA Games

2. Kombinasi Sayap Ganas

Luis Milla, melakukan perubahan ekstrem saat Tim Merah-Putih menghadapi Mongolia pada laga kedua Grup H kualifikasi Piala Asia U-23 2018 di Supachalasai National Stadium, Bangkok, Jumat (21/7/2017). Hasilnya tokcer, Evan Dimas dkk. menang telak 7-0!

Nakhoda asal Spanyol itu mengganti tujuh pemain yang tampil sebagai starter saat takluk 0-3 dari Malaysia, Rabu (19/7/2017). Perubahan komposisi pemain membuat permainan Timnas Indonesia U-22 terasa lebih menggigit.

Kurniawan Kartika Ajie, Gavin Kwan Adsit, Rezaldi Hehanusa, Osvaldo Haay, dan Saddil Ramdani, bermain sejak menit awal. Kelima pemain ini menggantikan posisi Satria Tama, Putu Gede Juni Antara, Ricky Fajrin, Hanif Sjahbandi, dan Febri Hariyadi, yang bermain kurang oke pada
pertandingan kontra Tim Negeri Jiran.

Luis Milla juga menurunkan dua pemain pale berpengalaman, Evan Dimas dan Hansamu Yama, sejak menit awal. Tim Garuda Muda mendominasi jalannya pertandingan. Pada paruh pertama laga, Timnas Indonesia U-22 bahkan sudah unggul tiga gol.

Gol-gol yang dicetak timnas dilesakan Saddil Ramdani (17′, 56′), Marinus Wanewar (31′), Gavin Kwan (35′, 88), Osvaldo Haay (71′), Septian David Maulana (90′).

Empat winger Timnas Indonesia U-22 tampil brilian saat duel kontra Mongolia. Osvaldo Haay dan Saddil Ramdani tidak berkerja sendirian saat melakukan tekanan dari dua sisi melebar lapangan.

Mereka dibantu twin full back, Rezaldi Hehanusa dan Gavin Kwan, yang amat aktif naik ke depan untuk memberi tekanan kepada Mongolia.

Saat Mongolia melakukan serangan, keduanya amat disiplin berada di posnya, mendampingi twin stoper, Hansamu Yama serta Bagas Adi Nugroho.

Sepanjang laga terlihat kalau Mongolia kesulitan melakukan akselerasi dari sisi sayap. Mereka dipaksa melakukan serangan ke area tengah lapangan, di mana area tersebut amat padat pemain Timnas Indonesia U-22.

Saddil Ramdani, Osvaldo Haay, dan Gavin Kwan menyumbang gol dalam duel ini. Hal ini mempertegas kalau para winger punya peran besar saat Timnas Indonesia U-22 menghancurkan Mongolia.

More about ...