5 Bintang Timnas Indonesia U-19 Polesan Indra Sjafri


Jakarta, CNN Indonesia — Indra Sjafri santer dikabarkan bakal dipecat dari jabatan pelatih Timnas Indonesia U-19. Terlepas benar atau tidaknya gossip tersebut, perlu disimak sejumlah pemain bintang yang meroket dari campur tangannya.

Sedikitnya ada lima pemain berkualitas yang lahir dari kejelian Indra. Mereka adalah Hansamu Yama Pranata, Hargianto, Ilham Udin Armalyn, Evan Dimas Darmono, dan Egy Maulana Vikri.

Hansamu, Hargianto, Ilham, dan Evan merupakan generasi pertama Timnas U-19 arahan Indra Sjafri. Keempatnya merupakan tulang punggung skuat Garuda Jaya kala menjuarai Piala AFF U-19 edisi 2013 silam.

Keempat pemain ini juga juga kembali menjadi pilihan utama Timnas U-23 arahan Aji Santoso di Kualifikasi Piala AFC U-23 pada 2016. Namun, hanya Evan Dimas dan Hansamu yang langsung naik kasta ke tim comparison di Piala AFF 2016.

Evan Dimas dan Hansamu serta Hargianto kembali menjadi pilihan utama Timnas U-22 di SEA Games 2017. Mereka membawa pulang medali perunggu di SEA Games 2017 di Kuala Lumpur.

Kini, Indra Sjafri kembali menelurkan sejumlah bintang Timnas U-19 di Piala AFF U-18 2017 kemarin. Namun, hanya Egy Maulana Vikri yang benar-benar menjadi sorotan.

Nama Egy kian meroket setelah tampil cemerlang di Piala AFF U-18 pada Sep 2017. Sejumlah klub Eropa seperti Benfica, Real Madrid, dan salah satu klub asal Jerman dikabarkan berminat menggunakan jasa winger lincah tersebut.

Timnas U-19 sejatinya tak bisa dibebankan untuk meraih prestasi. Jam terbang internasional dan durasi bermain di kompetisi profesional menjadi asupan untuk membentuk para pemain muda ke jenjang profesional.

Terlepas dari gossip pemecatan, keberadaan Indra Sjafri di timnas kelompok umur cukup sukses. Bukan soal prestasi. Setidaknya ia berhasil menelurkan sejumlah pemain berbakat untuk memperkuat timnas di jenjang berikutnya.

(jun)

More about ...