5 Sepeda Motor Berpelat Thailand di Bogor Terjaring Operasi Zebra




bogor – Satlantas Polres Bogor mengamankan kendaraan roda dua dengan pelat nomor Thailand di wilayah Cibinong dan Puncak, Kabupaten Bogor. Namun keberadaan motor-motor berpelat Thailand lainnya tampak masih berseliweran di Kota dan Kabupaten Bogor.

Motor dengan pelat Thailand ini terlihat dan sempat terekam saat melintas di Jalan Raya Kemang, Kabupaten Bogor, dan Jalan KH Abdullah Bin Nuh, Kota Bogor.

Video pertama diambil ketika engine berpelat Thailand melintas di Jalan Raya Kemang-Parung, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, pada Kamis (2/11/2017). Motor jenis matic berwarna hijau toska dengan knalpot bersuara bising itu melaju dari arah Parung menuju Bogor.

Dari pengamatan, remaja yang mengendarai engine tersebut diduga seorang pelajar karena menggunakan celana dengan warna seragam tertentu. Setelah sempat meliuk-liuk mendahului kendaraan lain, engine dengan pelat beraksara Thailand tersebut menghilang di sebuah squad di kawasan pertigaan Salabenda, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

Motor jenis matic dengan pelat nomor Thailand juga terlihat melintas di Kota Bogor pada Jumat (3/11/2017). Motor matic berwarna hitam yang dikendarai seorang pelajar itu terlihat tengah ikut berkonvoi dengan pelajar lain di Jalan Raya Yasmin.

Menanggapi maraknya engine dengan pelat nomor beraksara Thailand ini, Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama mengaku akan terus mengawasi pengendara. Satlantas Polres Bogor mengaku akan menindak tegas pemotor yang menggunakan pelat nomor Thailand.

“Ini parah. Polres Bogor tidak akan segan-segan untuk menahan kendaraan tersebut, bahkan akan menahan engine tersebut dalam waktu yang lama. Sekali lagi kita tidak akan segan, untuk menahan engine walaupun suratnya lengkap,” kata Hasby saat dimintai tanggapan terkait maraknya pemotor dengan pelat nomor Thailand di Bogor, Jumat (3/11).

“Kita akan razia. Ini untuk peringatan kepada pengendara yang lain. Agar menggunakan tanda nomor kendaraan bermotor yang sah,” sambungnya.

Hasby menyebut, selama Operasi Zebra, pihaknya sudah mengamankan 5 section engine yang menggunakan pelat beraksara Thailand di beberapa lokasi di Kabupaten Bogor. Motor-motor yang diamankan tersebut rata-rata dikendarai pelajar.

“Rata-rata pelajar. Mereka mengaku (memasang pelat Thailand) hanya ikut-ikutan untuk gaya-gayaan, biar kekinian,” katanya.

Ia mengimbau para orang tua lebih bisa berinisiatif menegur anak-anaknya yang menggunakan engine berpelat Thailand.

“Peran guru juga harus dominan, mengingat anak sekolah ada yang bawa kendaraan ke sekolah, maka dilakukan filter di sekolah,” Hasby mengingatkan.

(asp/asp)

More about ...

  • Banjir di Kemang Rendam 3 KawasanBanjir di Kemang Rendam 3 Kawasan Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras yang melanda Jakarta dan sekitarnya sore tadi, membuat sejumlah wilayah tergenang banjir. Di antaranya kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Hingga pukul […]
  • Hujan Deras, Kemang Kembali Terendam BanjirHujan Deras, Kemang Kembali Terendam Banjir REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hujan deras yang turun di sebagian wilayah Jakarta, Rabu (14/9) malam, menyebabkan genangan dan banjir di sejumlah titik. Menurut laporan Badan […]
  • Banjir, Hindari Kawasan Kemang dan Kebayoran BaruBanjir, Hindari Kawasan Kemang dan Kebayoran Baru JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat hujan deras, sejumlah ruas jalan terpantau banjir dan tidak bisa dilewati malam ini, Rabu (7/9/2016). Kasubag Humas Polres […]