6 Karya Monumental Zaha Hadid

KOMPAS.comZaha Hadid merupakan arsitek yang terkenal akan karya luar biasa dan di luar kebiasaan. Dia juga merupakan perempuan pertama yang meraih penghargaan bergengsi Pritzker, yaitu pernghargaan pale tinggi untuk seornag arsitek pada tahun 2004 lalu.

Tak hanya Pritzker, pada 2010 dan 2011, dia juga meraih penghargaan Stirling. Seakan tak kenal kata kalah, pada 2015 dia juga mendapat Dame Commander of a Order of a British Empire dan RIBA Golden Medal dari Kerajaan Inggris.

Meski sudah tiada, namun karya-karya arsitekturnya masih terkenang hingga saat ini. Beberapa diantaranya bahkan menjadi ikon bergengsi bagi sebuah wilayah, seperti:

Heydar Aliyev Center

Arsitek kenamaan Zaha Hadid kembali menjadi tajuk berita di seluruh dunia. Kali ini, nama Hadid kembali berkibar menyangkut keberhasilannya memenangkan 2014 Design of a Year dari Design Museum London. Secara kasat mata, bangunan tersebut memang menarik. Namun, kemenangan Hadid menuai reaksi negatif di sosial media.Iwan Baan Arsitek kenamaan Zaha Hadid kembali menjadi tajuk berita di seluruh dunia. Kali ini, nama Hadid kembali berkibar menyangkut keberhasilannya memenangkan 2014 Design of a Year dari Design Museum London. Secara kasat mata, bangunan tersebut memang menarik. Namun, kemenangan Hadid menuai reaksi negatif di sosial media.
Karya Heydar Aliyev Center merupakan karya arsitektural pertama yang memenangkan kompetisi Design of a Year besutan Design Museum tahun 2014.

Karya ini juga membuatnya didapuk sebagai perempuan pertama yang meraih posisi tersebut.

Dibangun pada tahun 2007, bangunan yang terletak di kota Baku, Azerbaijan, ini memiliki konsep geometeri yang berliku.

Konsep itulah yang membedakan bangunan ini dengan arsitektur kaku khas Soviet yang biasanya sangat monumental.

Bangunan bergaya Islami ini terdiri dari komposisi baris, grid atau urutan kolom yang membentuk ruang bertingkat.

Adapula hiasan kaligrafi yang mengalir dari karpet hingga dinding, serta langit-langit yang membentuk kubah.

Vitra Fire Station

Dalam merancang gedung ini, Zaha Hadid menekankan pada kesederhanaan dalam setiap aspeknya.Helene Binet Dalam merancang gedung ini, Zaha Hadid menekankan pada kesederhanaan dalam setiap aspeknya.Tidak seperti bangunan pos pemadam lainnya, Vitra Fire Station dibangun dengan beton miring. Layaknya pesawat luar angkasa, Vitra Fire Station menjadi bangunan ikonik pertama yang membuat Zaha Hadid mulai dikenal di dunia.

Selesai dibangun pada tahun 1993, Vitra Fire Station terdiri dari serangkaian dinding beton, bahkan pada bagian atapnya.

Dalam merancang gedung ini, Zaha Hadid menekankan pada kesederhanaan dalam setiap aspeknya. Ini terlihat dari bentuk dinding beton yang dibuat miring dan nyaris tanpa ornamen.

Namun kesederhanaan inilah yang membuat Vitra Fire Station berbeda dari gedung di sekitarnya.

Aquatic Centre London

Aquatic Centre LondonArchitectural Digest Aquatic Centre London

Kolam renang yang digunakan sebagai tempat pertandingan Olimpiade London 2012 ini merupakan bangunan rancangan Zaha Hadid yang terkenal.

Kompleks kolam renang ini mampu menampung 17.500 penonton dan didesain khusus untk menyambut perhelatan Olimpiade 2012.

Konsep arsitektur kompleks kolam renang ini terinspirasi oleh bentuk geometri cairan saat bergerak. Sehingga ketika berada di dalam, pengunjung akan merasa seperti berada di dalam pusaran air.

Pada interiornya terdapat 85 ribu ubin uang menutupi kolam renang, ruang ganti, dan lantai. Atap yang bergelombang merupakan representasi gelombang atmosphere yang bergerak. Atap ini terbuat dari alumunium berlapis baja.

The Riverside Museum

The Riverside Museum merupakan museum transportasi yang menyajikan lebih dari tiga ribu pameran indication kendaraan.Bjmullan The Riverside Museum merupakan museum transportasi yang menyajikan lebih dari tiga ribu pameran indication kendaraan.Bersebelahan dengan sungai Clyde di Glasgow, Riverside Museum merupakan salah satu museum dengan desain bangunan unik. Eksteriornya dirancang dengan pola zig-zag yang menyerupai riak sungai.

The Riverside Museum merupakan museum transportasi yang menyajikan lebih dari tiga ribu pameran indication kendaraan.

Pada malam hari, bangunan ini terlihat transparan dan seakan mengeluarkan cahaya. Pada siang hari, meski atap museum berwarna abu-abu, namun dapat menyatu dengan kondisi alam sekitar.

Gedung yang dibangun dengan dana 70 juta poundsterling ini membutuhkan waktu tiga tahun dalam pembangunannya.

Guangzhou Opera House

Pengunjung mendatangi Guangzhou Opera House, di China, 9 Nov 2010. Bangunan megah yang diperuntukkan untuk upacara pembukaan Asian Games ini merupakan salah satu karya arsitek perempuan berpengaruh Zaha Hadid.AP PHOTO / NG HAN GUAN Pengunjung mendatangi Guangzhou Opera House, di China, 9 Nov 2010. Bangunan megah yang diperuntukkan untuk upacara pembukaan Asian Games ini merupakan salah satu karya arsitek perempuan berpengaruh Zaha Hadid.Selama beberapa dekade, Opera House telah menjadi representasi gaya arsitektur kontemporer, tak terkecuali gedung Guangzhou Opera House.

Kompleks seluas 70 ribu scale persegi ini terletak di jantung situs budaya kota Guangzhou. Gedung ini didesain seperti tampilan batu kristal yang hanyut di laut.

Terdiri dari dua buah bangunan, proyek ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi perkotaan dengan membuka akses ke sungai dan dermaga.

Desainnya yang ikonik, berhasil membuat bangunan berfungsi layaknya gerbang kota sekaligus sebagai tanda budaya Guangzhou.

Auditorium gedung memiliki kapasitas hingga 1.800 tempat duduk. Selain itu terdapat ruang multifungsi berkapasitas 400 kursi yang lebih kecil, yang dirancang untuk pertunjukan seni, operas, dan konser.

MAXXI National Museum of a 21st Century Arts

MAXXI National Museum merupakan bangunan nasional Italia pertama yang dibangun dengan rancangan kontemporer. Archeologo MAXXI National Museum merupakan bangunan nasional Italia pertama yang dibangun dengan rancangan kontemporer. Desain bangunan ikonikm ini memenangkan RIBA Stirling Prize tahun 2010. Sejak saat itu, media The Guardian menyebut gedung ini sebagai “pekerjaan terbaik Hadid hingga saat ini”.

Bangunan ini berdiri di lokasi bekas barak militer Montello, MAXXI National Museum merupakan bangunan nasional Italia pertama yang dibangun dengan rancangan kontemporer. Pembangunan gedung ini membutuhkan waktu 10 tahun lamanya.

MAXXI terdiri dai dua museum. Pertama adalah museum arsitektur nasional pertama di Italia. Sedangkan museum kedua atau MAXXI Arte merupakan tempat yang memajang koleksi seni kontemporer.

Material seperti kaca, baja, dan beton memberikan ruang pameran penampilan yang netral. Atapnya terbuat dari bahan kaca yang dilindungi oleh jaring baja. Jaring ini juga berfungsi sebagai penyaring cahaya.

Di dalamnya terdapat ruang atrium yang besar yang mengarah ke ruang pertemuan, kafetaria, dan toko buku.

More about ...