6 Tips Traveling ke Eropa buat Kamu yang Berdompet Tipis – Kompas.com

KOMPAS.com – Sejumlah negara di Eropa identik dengan kemegahan kota dan pusatnya barang-barang bermerek. Tak heran, banyak wisatawan harus merogoh kocek dalam-dalam ketika roving ke ‘Benua Biru’.

Kendati demikian, bukan berarti kamu tidak bisa ke Eropa dengan biaya lebih murah. Dikutip dari laman Breaking Travel News, berikut ini 7 cara roving untuk kamu yang berdompet tipis.

1. Pergi ke Eropa Timur

Heydar Aliyev Centre, di Azerbaijan, Eropa Timur. Bangunan ini merupakan salah satu karya arsitek wanita berpengaruh Zaha Hadid.ZAHA-HADID.com / IWAN BAAN Heydar Aliyev Centre, di Azerbaijan, Eropa Timur. Bangunan ini merupakan salah satu karya arsitek wanita berpengaruh Zaha Hadid.

Beberapa kota besar di Eropa Barat seperti London, Paris, Belin, dan Roma terkenal mahal. Karenanya, pertimbangkan destinasi tujuan di Eropa Timur seperti Polandia, Hongaria, Bulgaria, atau Rumania. Beberapa negara tersebut menyediakan paket wisata lengkap.

Jika bujet dirasa benar-benar terbatas, cobalah lakukan riset harga ke kota-kota menakjubkan dan berbiaya murah menurut Forbes, yakni Naples (Italia), Albufeira (Portugal), Dubrovnik (Kroasia), Karpathos (Yunani), dan Piran (Slovenia).

2. Hindari Pilih Tujuan Wisata Populer

Pantai Costa del Sol, Spanyol merupakan salah satu kawasan wisata populer di Eropa. Beberapa dinas intelijen yakin ISIS tengah mengincara lokasi-lokasi wisata semacam ini pada musim panas tahun ini.Mirror Pantai Costa del Sol, Spanyol merupakan salah satu kawasan wisata populer di Eropa. Beberapa dinas intelijen yakin ISIS tengah mengincara lokasi-lokasi wisata semacam ini pada musim panas tahun ini.
Matt Kepnes, pendiri laman NomadicMatt.com memberikan tips untuk mencari oleh-oleh murah ketimbang tujuan wisata populer. Matt percaya bahwa berpikir terbuka tentang destinasi wisata dan menjadi pribadi fleksibel dapat menghemat banyak biaya traveling.

3. Kunjungi Eropa pada bulan Oktober-April

Di musim panas, tiket transportasi ke tujuan populer Eropa berada pada titik tertinggi dengan sum pemesanan yang cukup banyak dan antrean yang relatif panjang.

Jika Anda ingin menikmati Eropa dengan harga miring, pergilah ke Eropa Oktober-April ketika cuaca masih menyenangkan, suasananya lebih santai, dan harga tiketnya turun.

4. Hindari memesan kamar hotel

Ilustrasi kamar hotel. Dok CROWNE PLAZA Ilustrasi kamar hotel.

Hotel adalah tempat yang harus dihindari jika kamu memiliki anggaran terbatas. Bukan hanya karena harga yang cukup mahal, secara langsung kamar hotel juga mengisolasi kamu dari kehidupan masyarakat lokal.

Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk tinggal di hostel atau menyewa homestay dengan harga lebih terjangkau. Atau, temui orang yang kamu kenal di negara tersebut untuk bermalam di tempatnya.

5. Jangan makan di pusat kota

Ilustrasi makan sambil mendengarkan musikJelena Danilovic Ilustrasi makan sambil mendengarkan musik
Kamu bisa menjauh dari pusat kota untuk menemukan tempat-tempat yang lebih tenang dengan makanan menarik dan dijual dengan harga lebih murah. Sebaliknya, makan di restoran tentu akan menguras dompet.

6. Pertimbangkan biaya transportasi di negara tujuan

Taksi.Shutterstock Taksi.
Selain memesan kamar hotel dan makan di pusat kota, bepergian menggunakan taksi atau menyewa kendaraan pribadi juga sama mahalnya.

Karena itu, untuk lebih berhemat, cari tahu apakah ada tiket transportasi umum yang lebih murah. Terkadang ada biaya include untuk mengunjungi tempat-tempat wisata dan tur.

More about ...