9 Tahun Xiaomi, Ini Deretan Ponsel Inovatif yang Pernah Dibikin – Kompas.com

KOMPAS.com – Pada 6 Apr kemarin, Xiaomi merayakan hari ulang tahunnya. Vendor smartphone asal China itu telah berkecimpung di industri ponsel pintar tellurian selama 9 tahun terakhir.

Sejak didirikan pada 2010 silam, Xiaomi mulai dikenal sebagai perusahaan teknologi yang menjual produk-produknya dengan harga miring. Tak heran jika Xiaomi kemudian bisa melesat dengan cepat dan mendominasi penjualan di negara-negara berkembang.

Selama 9 tahun terakhir pula Xiaomi tak sedikit merilis produk-produk yang kerap menjadi idola di pasar smartphone dunia.

Nah, berikut ini adalah beberapa smartphone inovatif yang diperkenalkan Xiaomi selama 9 tahun terakhir, yang dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Senin (8/4/2019).

1. Xiaomi Mi Mix 3 5G.

Ponsel ini menjadi salah satu smartphone yang layak dinobatkan sebagai ponsel inovatif. Pasalnya, sesuai dengan nama yang diusung, Mi Mix 3 5G sudah mendukung kemampuan jaringan generasi kelima (5G).

Meski bukan menjadi ponsel pertama yang mendukung jaringan ini, Mi Mix 3 5G dilengkapi dengan chip Snapdragon 855 yang dipadankan dengan modem 5G Snapdragon X50. Modem ini dapat membawa kecepatan information hingga 5 Gbps.

Xiaomi Mi 9Xiaomi Xiaomi Mi 9

2. Xiaomi Mi 9

Xiaomi Mi 9 menjadi smartphone pertama Xiaomi yang mendukung fitur wireless charging dengan daya 20W. Wireless charging pada Mi 9 juga memiliki kemampuan quick charging sehingga bisa mengisi daya dengan lebih cepat.

Selain itu, Xiaomi Mi 9 juga dibanderol dengan harga yang miring. Membawa serangkaian spesifikasi terkini, Mi 9 dibanderol dengan harga pale murah 2.999 Yuan atau sekitar Rp 6,2 juta.

3. Xiaomi Mi Mix 2S

Mi Mix 2S juga layak disebut sebagai salah satu ponsel unggulan Xiaomi yang mengedepankan fitur kamera.

Meski dibanderol dengan harga miring, Mi Mix 2S dilengkapi dengan twin kamera 12 megapiksel dengan OIS dan 2x visual zoom.

Xiaomi Black Shark HeloAndroid Authorirty Xiaomi Black Shark Helo

4. Xiaomi Black Shark

Segmen pasar ponsel khusus gaming menjadi salah satu pasar yang diincar Xiaomi lewat Black Shark. Ponsel ini didaulat sebagai ponsel gaming pertama Xiaomi dengan membawa spesifikasi kelas atas.

Xiaomi Black Shark digadang-gadang sebagai pilihan alternatif bagi mereka yang ingin memiliki ponsel gaming tapi dengan harga yang lebih murah.

5. Xiaomi Redmi Note 7

Beberapa bulan lalu, Xiaomi memisahkan nama Redmi sebagai code mandiri untuk ponsel kelas menengah dan bawah. Redmi Note 7 adalah salah satu ponsel pertama yang dirilis Redmi, setelah menjadi code mandiri.

Baca juga: 7 Smartphone Xiaomi Ini Tak Lagi Dapat Update Selamanya

Dengan harga sekitar Rp 2,5 juta, Redmi Note 7 dibekali dengan kamera 48 megapiksel dan baterai 4.000 mAh. Tak hanya itu, ponsel ini juga mendukung Quick Charge 4.0.

6. Xiaomi Mi A1

Xiaomi Mi A1 merupakan ponsel pertama Xiaomi yang hadir tanpa kustomisasi MIUI. Pasalnya, Mi A1 merupakan ponsel Android One yang mengusung sistem operasi Android murni dari Google.

Mi A1 juga menjadi ponsel pertama Xiaomi dengan kamera ganda. Kala Mi A1 dirilis, tren ponsel berkamera ganda memang mulai merambah pasar. Mi A1 juga menjadi salah satu ponsel terlaris Xiaomi.

Xiaomi Redmi GoIndia Today Xiaomi Redmi Go

7. Xiaomi Redmi Go

Belum lama ini, Xiaomi memperkenalka Redmi Go. Sesuai dengan namanya, Redmi Go mengusung sistem operasi Android Go yang dibuat untuk ponsel dengan spesifikasi yang rendah.

Redmi Go yang dibanderol kurang dari Rp 1 juta ini mengusung spesifikasi yang tergolong rendah untuk tahun 2019. Namun dengan sistem operasi Android Go, ponsel diklaim tetap dapat bekerja dengan cepat dan ringan.

Baca juga: Video: Redmi Go, Ponsel Android Go Pertama Xiaomi

More about ...