Ada Apa Hari Ini? 22 Sep 2013 – Timnas Indonesia Torehkan Gelar Juara Piala AFF U19

Euforia Timnas Indonesia U19 Tahun 2013 saat jadi Juara around kompasiana

 

Sumber.com – Asa para pendukung Indonesia terhadap prestasi tim nasional Indonesia yang tak kunjung juara sejak terakhir meraih medali emas di Sea Games Manila pada tahun 1991, akhirnya usai setelah Timnas Indonesia U19 yang dilatih Indra Sjafri berhasil meraih juara ketika Indonesia didaulat menjadi tuan rumah pada tahun 2013.

 

Pada partai final yang berlangsung 22 Sep 2013, 4 tahun lalu Indonesia berhasil menang adu penalti atas Vietnam dengan skor 7-6 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Kedua tim bermain plain selama 90 menit dengan skor 0-0 yang dilanjutkan perpanjangan waktu 2 x 15 menit, namun skor belum berubah sehingga dilanjutkan adu penalti.

 

Pada adu penalti ini, 2 penendang utama Indonesia sempat mengalami kegagalan pada kesempatan kedua dan ketiga oleh Evan Dimas dan Zulfiandi. Bayang-bayang kegagalan sempat terbayang di mata para pendukung Indonesia, namun 2 penendang Vietnam joke mengalami hal yang sama setelah Ravi Murdianto menyelamatkan gawangnya dari tendangan Tranh Thu Dong dan Nguyen Tuan An gagal karena melambung.

 

Setelah penendang Vietnam gagal, seluruh penendang Indonesia justru makin percaya diri dan terhitung Dimas Drajat, Hendra Sandi, Hansamu Yama, Putu Gede, Maldini Pali hingga sang penentu Ilham Udin Armain berhasil menyarangkan gol, Ravi Murdianto sebelum Ilham juga pantas disebut pahlawan karena mengagalkan penalti lawan.

 

Baca juga : Ini Dia Yel-yel Pembangkit Semangat Ala Tentara yang Dimiliki Timnas Indonesia U16 Sebelum Bertanding

 

 

Vietnam memang menjadi lawan hebat dan tangguh bagi timnas Indonesia. Sebelumnya pada babak penyisihan, kedua tim juga pernah bertemu dan Indonesia harus mengakui keunggulan Vietnam dengan skor 1-2. Kala itu Evan Dimas berhasil menyarangkan gol di menit pertama, namun Vietnam membalas 2 gol. 

 

Timnas Vietnam yang melawan Indonesia inilah yang pada akhirnya lolos ke Piala Dunia U20 yang berlangsung di Korea Selatan pada Mei 2017 lalu karena berhasil masuk semifinal Piala Asia U19 dimana Indonesia U19 saat itu harus tersisih di penyisihan grup karena kalah dalam seluruh pertandingan.

 

Timnas Indonesia U19 pada saat itu memunculkan Evan Dimas, Hansamu Yama, Hargianto sebagai bintang, dan kiprah mereka terus berlanjut hingga kini membela timnas U22 yang dilatih Luis Milla di Sea Games 2017 lalu dan proyeksi Asian Games 2018 mendatang.

 

Setidaknya satu prestasi pada 2013 ini membuka mata bahwa bakat dan talenta Indonesia tidak pernah habis karena selalu muncul bakat baru seperti Egy Maulana Vikri di U19, Sutan Diego Zico di U16.

 

Susunan Pemain Indonesia:

Ravi Murdianto (kiper), Hansamu Yama Pranata, M Sahrul Kurniawan, Putu Gede Juni Antara, M Fatchurohman, Hargianto, Zulfiandi, Evan Dimas Darmono (kapten), Ilham Udin Armaiyn, Dinan Javier, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh. 

 

Baca juga : Ini Sepenggal Kata Motivasi Luis Milla Untuk Timnas Indonesia U19 di Piala AFF U18

 

More about ...