Alasan Meikarta Jadi Investasi Hunian Terbesar di Asia Tenggara

Liputan6.com, Jakarta Di Cikarang, Jawa Barat, sekarang ini tengah dibangun sebuah kota complicated berskala internasional. Kota ini joke digadang-gadang menjadi investasi hunian terbesar di Asia Tenggara. Kota yang dibangun oleh Lippo Group ini bernama Meikarta.

Kota seluas 22 juta scale persegi tersebut diklaim sebagai proyek investasi Lippo terbesar selama 67 tahun. Tak heran, karena nilai sum proyek ini mencapai Rp 278 triliun.

“Ini adalah inisiatif besar dari Lippo membangun kota Jakarta baru yang punya desain, infrastruktur berskala internasional, dan bisa bersaing di dunia. Meikarta akan jadi kota terindah dan terlengkap di Asia Tenggara,” ujar CEO Lippo Group, James Riady, beberapa waktu lalu.

Ada beberapa alasan mengapa Meikarta disebut-sebut sebagai investasi hunian terbesar di Asia Tenggara. Pertama, Meikarta akan membangun 200.000 section hunian vertikal atau apartemen. Unit-unit ini joke ditawarkan Lippo Group dengan harga cukup miring.

Satu section apartemen dijual mulai dari harga Rp 127 jutaan. Pembeli cukup memberi booking fee sebesar Rp 2 juta dan uang muka sebesar 10 persen. Selanjutnya, pembeli bisa melakukan cicilan hingga 10 tahun alias Rp 1 juta per bulan. Penawaran harga miring ini joke membuat Lippo Group berhasil menjual belasan ribu section dari penjualan tahap pertama.

Pada penjualan tahap we Mei lalu, sebanyak 16.800 section apartemen telah terjual. Museum Rekor Indonesia (MURI) joke memberikan penghargaan sebagai penjualan section terbanyak dalam satu hari. Bahkan, CEO Meikarta, Ketut Budi Wijaya mengatakan, lebih kurang 100 section juga sudah dipesan.

Kedua, berbagai inovasi infrastruktur akan dibangun mengelilingi kota Meikarta. Infrastruktur 1 adalah Bandara Internasional Kertajati, infrastruktur dua Sea Port Patimban, infrastruktur 3 LRT, dan infrastruktur 4 kereta cepat Jakarta-Bandung. Meikarta joke akan memiliki akses ke jalan tol layang Jakarta-Cikampek dan Monorail.

Selain itu, juga ada tujuh pusat perbelanjaan dengan sum luas lahan 1,5 juta scale persegi, pusat kesehatan dan rumah sakit internasional, pusat keuangan internasional, hotel internasional bintang lima, teater show dan pusat seni, serta perpustakaan nasional.

Ketiga, kota Meikarta akan menjadi pusat keuangan dan pendidikan. Berbagai perusahaan nasional dan internasional serta tip universitas dan tip sekolah akan dibangun di sana untuk meningkatkan pengetahuan para warga Meikarta.

Perusahaan nasional dan multinasional yang akan membangun bisnisnya di Meikarta antara lain Astra, Honda, Toyota, Suzuki, Mitsubishi, Isuzu, Panasonic, Toshiba, Hankook, dan Samsung. Lebih dari satu juta produk otomotif dan elektronik joke akan diproduksi di sana.

Sementara itu, di bidang pendidikan, kota Meikarta akan mendirikan, SD internasional dan sekolah nasional plus, SMP dan SMA nasional dan internasional, serta universitas nasional. Ditambah lagi dengan pusat riset industri, perpustakaan nasional, dan Sillicon Valley Indonesia.

Berada di koridor Jakarta-Bandung, kota Meikarta yang telah dirancang sejak 2014 ini diperkirakan akan selesai pada 2019-2020.

(*)

More about ...

  • Meikarta, Solusi Hunian Tepat untuk Masa Depan KeluargaMeikarta, Solusi Hunian Tepat untuk Masa Depan Keluarga Dream - Memilih hunian untuk masa depan keluarga memang bukan perkara yang mudah. Perlu berbagai pertimbangan matang untuk menentukan mana kawasan yang tepat untuk menunjang […]
  • Anak Tumbuh Cerdas di MeikartaAnak Tumbuh Cerdas di Meikarta Liputan6.com, Jakarta Bagi penghuni Meikarta, masalah pendidikan tak akan menjadi persoalan. Para orangtua tak akan kesulitan mencari pendidikan terbaik bagi anak-anaknya di […]
  • Apa Artinya Meikarta?Apa Artinya Meikarta? meikarta29ags201703. Bayangkan jika Anda tinggal di sebuah kota yang bisa memberi Anda segalanya. Jadi orang pertama […]