Album Ed Sheeran Terpilih Jadi Nomine Mercury Prize 2017

Jakarta, CNN Indonesia
Album ke-tiga Ed Sheeran, ÷ (Divide), dinobatkan menjadi salah satu nomine untuk meraih penghargaan bagi musisi terbaik se-Inggris Raya dan Irlandia, Mercury Prize 2017.

“Apa yang dimiliki para seniman ini adalah kesenangan dalam membuat musik yang mewabah dan menekankan pesan dalam musik yang mereka buat,” kata juri saat mengumumkan 12 nomine yang akan memperebutkan Mercury Prize tahun ini, seperti diberitakan AFP.

“Mereka senang mengeksplorasi kemungkinan dalam musik dan menolak untuk terjebak dalam genre tertentu,” lanjut para juri.

Album ÷ (Devide) milik Sheeran berhasil menjadi karya yang fenomenal di tahun ini. Album tersebut memecahkan sejumlah rekor, serta menduduki puncak tangga manuscript di sejumlah negara, termasuk di kampung halaman sang musisi, Inggris.

Album itu juga memecahkan rekor Spotify dengan catatan 57 juta aktivitas streaming di hari pertama dirilis. Rekor ini menggeser capaian sebelumnya yang diraih oleh Starboy dari The Weeknd dengan 29 juta aktivitas streaming.

Meski telah mendapatkan sejumlah penghargaan, termasuk Grammy Awards sejak kemuculannya dalam + (Plus), Ed Sheeran belum pernah masuk dalam jajaran nomine Mercury Prize.

Didirikan sejak 1992, Mercury Prize diadakan sebagai penghargaan untuk manuscript terbaik dari musisi Inggris dan Irlandia.

Selain Ed Sheeran, ada musisi pendatang baru asal London, Stormzy yang juga menjadi nomine penghargaan itu pada tahun ini.

Para juri Mercury Prize menyebut musisi bernama asli Michael Ebenaer Kwadjo Omari Owuo, Jr itu sebagai lagu penuh ‘petualangan, emosi, dan perasaan’.

Stormzy mengungkapkan perasaannya melalui Twitter usai menerima nomine tersebut. Ia menyebut sangat bangga akan capaiannya itu.

“Saya memberikan hati, jiwa, dan segalanya untuk membuat manuscript ini,” kata Stormzy.

Pengumuman pemenang Mercury Prize 2017 akan diumumkan pada 14 Sep nanti di London. Berikut nomine Mercury Prize 2017:

Alt-J – Relaxer
The Big Moon – Love in a 4th Dimension
Blossoms – Blossoms
Loyle Carner – Yesterday’s Gone
Dinosaur – Together, As One
Glass Animals – How to Be a Human Being
J Hus – Common Sense
Sampha – Process
Ed Sheeran – ÷
Stormzy – Gang Signs Prayer
Kate Tempest – Let Them Eat Chaos
The xx –  I See You (end)

More about ...