Alhamdulillah, TKI asal Brebes yang Meninggal di Korea Dipulangkan Besok

Kepastian tersebut diungkapkan langsung Kepala Desa (Kades) Kemurang Kulon Kastori mewakili pihak keluarga yang hingga saat ini masih berduka saat ditemui di kediaman orang tua Agung, kemarin.

Kastori mengungkapkan, kepastian tersebut didapat oleh pihak keluarga yang terus berkordinasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). Menurut orang tua Agung, kata Kastori, pihaknya mendapatkan informasi bahwa jenazah akan dipulangkan melalui salah satu bandara yang ada di Korsel menuju Bandara Soekarno-Hatta.

“Kata kedua orangtuanya, jenazah akan dipulangkan Sabtu pagi waktu setempat (di Korsel) menuju Bandara Soehatta, Jakarta,” ungkapnya seraya menirukan ucapan kedua orang tua Agung.

Dia juga menjelaskan, dalam kepulangan jenazah tidak ada hambatan sama sekali. Pasalnya, kedua orang tua terus mendapatkan informasi dari KBRI tentang proses kepulangnnya ke Indonesia.

“Tidak tidak ada masalah ko. Semua kepengurusan kepulangan jenazah insyaallah berjalan lancar, sebab semuanya telah diurus oleh KBRI,” tuturnya.

Meski demikian, lanjutnya, pihaknya selaku pemerintah desa akan terus mengawal hingga kepulangan jenazah ke tanah kelahirnannya. Menurutnya, sudah sepatutnya pemerintah desa memberikan pelayanan dan membantu warganya yang lagi tertimpa musibah.

“Kita (pemerintah desa) akan terus mengawal hingga kepulangan jenazah. Dikhawatirkan ada oknum yang tidak berkepentingan yang memanfaatkan masalah ini,” katanya.

Dari informasi yang dihimpun, perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinpernaker) Kabupaten Brebes juga sudah mendatangi rumah Agung. Agung Purnomo diketahui meninggal beberapa hari yang lalu dan kini, sudah dalam tahap proses pemulangan jenazah.

Sementara itu salah seorang teman Agung di Korea Selatan melalui surat elektroniknya menegaskan Agung Purnomo merupakan TKI legal. Bersama dengannya, Agung diberangkatkan melalui jalur BNP2TKI dari Jakarta.

“Semua information yang diserahkan semuanya lengkap. Dia di berangkat melalui module G to G. Jadi, resmi langsung dari BNP2TKI, sekaligus ada asuransi yang didaftarkan sebelum keberangkatan. Jadi, semua resmi melalui jalur pemerintah,” tuling akun yongwon 86. (ded/ism/zul)