Apa Itu Mekanisme Antikythera?

Antikythera

Waktuku.com – Google merayakan penemuan sains pada bidang astronomi yaitu Mekanisme Antikythera. Mekanisme Antikythera adalah penemuan yang didapatkan dari sebuah kapal kuno yang telah karam.

Menguak Misteri Mekanisme Antikythera

Pada tahun 1901 di pulau Crete benda yang dinamai Mekanisme Antikythera ini ditemukan. dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa susunan information Antikythera adalah sebuah kalkulator astronomi.

Jika dizaman sekarang kita menghitung astronomi menggunakan perhitungan yang pale sederhana seperti menggunakan siklus saros.

Benda yang sudah berusia berabad – abad ini sudah bisa memecahkannya.

Teknologi yang diperkirakan berasal dari jaman 100 sebelum Masehi ini seharusnya baru ditemukan kurang lebih 1.000 tahun yang lalu.

Hal ini mengacu pada perakitan kompleks di roda giginya yang sangat mirip dengan teknologi yang diciptakan 1.000 tahun yang lalu

Penelitian Christian C. Carman, seorang sejarawan sains di National University of Quilmes di Argentina, dan James Evans, seorang fisikawan di University of Puget Sound di Washington, menunjukkan bahwa kalender astronomi perangkat misterius ini dimulai pada 205 SM, hanya tujuh tahun setelah Archimedes meninggal.

Lantas apa saja isi dari kalender astronomi Mekanisme Antikythera?

Perhitungan gerhana bulan dan gerhana matahari serta ditambah dengan ramalan astrology adalah hipotesis yang cukup kuat untuk mengartikan maksud tujuan Mekanisme Antikythera ini dibuat.

Antikythera memiliki tulisan yunani dipermukaannya, yang ditemukan oleh ilmuwan pada tahun 1970-an.

Menguak Misteri Mekanisme Antikythera
Prasasti di permukaan Mekanisme Antikythera

Tetapi benda tanggal astronom yang berbentuk seperti barang mekanik mesin ini masih menjadi tanda tanya hingga saat ini.

Pendapat Ilmuwan Terkait Antikythera

“Jika kita semua mengambil taruhan tentang di mana alat itu dibuat, saya pikir, saya akan bertaruh apa yang kebanyakan orang akan bertaruh, yaitu di Rhodes,” kata Alexander Jones, spesialis dalam sejarah ilmu matematika kuno di New York University.

Dr Evans mengatakan ia tetap berhati-hati dalam mengidentifikasi pembuat mesin ini.

“Kita tahu sedikit tentang astronomi Yunani kuno,” katanya.

“Hanya beberapa fragmen kecil yang terselamatkan. Ini mungkin lebih aman untuk tidak mencoba mengkaitkannya ke salah satu orang terkenal tertentu.” ungkap Dr. Evans.

Sejak informasi baru mulai muncul tentang Mekanisme Antikythera pada tahun 2006, telah menjadi sumber inspirasi bagi beberapa buku, replika dan simulasi komputer, bahkan juga indication Lego.

Sebuah komunitas riset joke mulai berkembang diantaranya terdiri dari para ulama Yunani, arkeolog, astronom dan sejarawan yang turut mengejar rahasia dibalik penemuan mesin ini.

Mana mungkin dizaman dibuatnya benda ini yaitu 100 SM sudah bisa memperhitungkan kejadian astronomi?

Mungkinkah zaman lalu lebih canggih daripada zaman sekarang?