Ayu Weda Luncurkan Album Berisi 10 Lagu Karya Sawung Jabo

Peluncuran manuscript yang dilaksanakan di Bentara Budaya Bali, 28 Juli 2017 untuk memperingati Hari Anak Nasional serta jelang peringatan Hari Kemerdekaan Nasional.  Ayu Weda melibatkan beberapa seniman besar Tanah Air, seperti Sirkus Barock, Ayu Laksmi, Cok Sawitri, Sandrayati Fay, Trio Flowers, Eny Art Dance, Eka Putri, serta Eka Darmayani. Mereka akan menarasikan pesan-pesan dari berbagai syair lagu yang ada dalam manuscript dalam bentuk pertunjukan musik dan tari.

Sementara itu, menurut pengamat musik comparison Indonesia Bens Leo, mengatakan,  jika musik yang dibawakan Ayu Weda tersebut merupakan musik yang bertutur atau yang dikenal dengan istilah “balad”. Dia juga memuji keberanian Ayu yang memilih format fisik untuk peluncuran albumnya.  “lagu ini sangat kuat, perempuan tidak banyak yang berkarya seperti ini, apalagi ditengah kondisi saat ini ayu malah merilis dengan format fisik”. Ungkap Bens yang juga eks jurnalis Aktuil.

Senada dengan Bens,  Suwung Jabo yang sekaligus merupakan pencitpa dari lagu – lagu di manuscript Ayu Weda mengungkapkan, jika dirinya memberikan kebebasan kepada Ayu untuk memilih lagu. “saya berikan kebebasan dan kenyamanan si Ayu Weda saja dalam berkarya termasuk dari sisi arransemennya,” tutup Suwung Jabo.

Ayu Weda yang memiliki nama lengkap we Gusti Ayu Made Wedayanti, lahir di Singaraja-Bali, 1 Sep 1963. Usai menamatkan pendidikannya di bangku Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Singaraja Bali, Ayu Weda melanjutkan studinya ke Universitas Airlangga dengan mengambil fokus Ilmu Sosial dan Politik. Pada epoch 1980’an dia tenar sebagai Lady Rocker, dan telah menelurkan beberapa album. Selain menjadi seorang seniman, Ayu Weda juga dikenal sebagi pemerhati seni, sosial budaya, dan sastra.

Sejak remaja Ayu Weda telah mengikuti berbagai festival dari tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. Di epoch 1980’an Ayu Weda pernah menyandang predikat ‘The Best Performance of Lady Rocker’, dan mengeluarkan manuscript ‘Rindu Teman Sehati’ yang diciptakan oleh pencipta lagu Widuri, Adriadi. Pada epoch 1990’an Deddy Dores menciptakan lagu untuk Ayu Weda pada singular manuscript ‘Memetik Bintang’.
Ayu Weda penah menjadi finalis Puteri Remaja Indonesia tahun 1981 yang diselenggarakan Majalah Gadis. Juara tiga dan penampil terbaik pada pemilihan terbaik pemilihan Bintang Radio dan Televisi tingkat nasional tahun 1980 bersama grupnya Trio Ayu Sister

(bx/rin/aim/vir/yes/JPR)

More about ...