Badai hingga Gempa Mematikan, 6 ‘Hal Gila’ jika Bulan Lenyap

Liputan6.com, Colombia – Bulan merupakan satelit alami Bumi. Pada waktu tertentu akan tampak bulat sempurna atau disebut purnama.

Selain menghiasi langit malam, bulan juga memiliki pengaruh terhadap pasang surut laut di Bumi. Tak hanya itu, satelit alami tersebut juga menjadi penyebab gerhana Matahari.

Jadi, boleh disimpulkan Bulan cukup penting keberadaannya terhadap keberlangsungan hidup manusia di Bumi. Bulan bak ‘pelindung’ world ini dari hal-hal mengerikan.

Lantas, pernah tidak pernah membayangkan bagaimana jika satelit Bumi tiba-tiba menghilang? Apa yang akan terjadi? Berikut 6 hal mengerikan yang akan terjadi jika Bulan lenyap. Liputan6.com mengutip dari The Richest pada Jumat (1/12/2017).

1. Tak Ada Pasang Surut

Pada saat tertentu, ketika bulan mendekat Bumi, maka terjadi perubahan intensitas daya tarik gravitasi bulan pada salah satu sisi Bumi terhadap sisi lainnya.

Peristiwa tersebut membentuk dua tonjolan pasang surut. Tonjolan yang posisinya lebih dekat dengan Bulan akan mengalami pasang.

Ketika Bulan menghilang, Bumi tak akan benar-benar kehilangan pasang surutnya. Hal ini disebabkan karena Matahari juga memiliki gaya gravitasi, walaupun pengaruhnya terhadap pasang atmosphere laut tak sebesar Bulan.

Jika tak ada pasang surut, ekosistem laut akan berubah hingga menyebabkan kematian organisme.

2. Badai yang Lebih Sering dan Besar

Tanpa Bulan, rotasi world ini akan berubah. Dulu jauh lebih cepat. Namun Bulan telah memperlambat proses dengan mengambil sebagian besar energi Bumi untuk orbitnya sendiri.

Tanpa Bulan, mungkin Bumi akan berputar lebih cepat.

Dengan demikian Bumi akan mengalami perubahan cuaca yang cepat. Daerah pesisir di mana-mana akan dilanda badai besar yang kemungkinan besar harus disebut kategori badai mahadahsyat ketika Bulan lenyap

 

More about ...