Bandingkan Program 3 Cagub DKI Atasi Banjir, Efektif Mana?

Liputan6.com, Jakarta – Hujan deras┬ádisertai angin kencang kerap mengguyur wilayah Jakarta. Ibu Kota joke sering dilanda banjir parah. Warga Jakarta joke berharap pemimpinnya bisa mengatasi masalah yang jadi momok tahunan ini.

Demi tak ada banjir di masa depan, warga Jakarta joke harus jeli dan wajib membandingkan module para calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada DKI 2017 dalam mengatasi bencana tahunan ini. Intip module yang mereka tawarkan untuk mengatasi banjir Jakarta ini:

1. Agus-Sylvi

Permasalahan banjir di Jakarta menjadi perhatian Agus Yudhoyono. Bahkan dalam visi misinya disebutkan mengatasi banjir masuk dalam module unggulan pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni.

“Bagi saya adalah sekarang mencari bagaimana solusi yang efektif. Dan di sini diperlukan leadership dan manajemen yang efektif pula. Komunikasi harus dilakukan dengan baik,” ujar Agus.

Beberapa cara yang akan dilakukan Agus untuk mengatasi banjir adalah dengan meningkatkan kualitas dan fungsi saluran dan drainase perkotaan. Kemudian meningkatkan kualitas normalisasi bantaran, saluran sungai, waduk, dan situ.

2. Ahok-Djarot

Calon gubernur dan wakil gubernur petahana ini tak perlu susah meyakinkan warga untuk percaya padanya dalam mengatasi banjir. Saat ini sudah banyak wilayah Jakarta yang terbebas dari banjir.

Namun Ahok menyadari masih banyak wilayah Jakarta yang tergenang banjir saat musim hujan. Misalnya, Mampang dan Jagakarsa. Bagaimana Ahok mengatasi masalah ini?

“Intinya, kami butuh banyak lahan kosong supaya alat-alat berat bisa masuk ke dalam dan melakukan pengerukan di Kali Baru. Selama ini, alat-alat berat tidak bisa menjangkau hingga ke dalam, daerah hunian warga,” kata pria bernana lengkap Basuki Tjahaja Purnama itu.

Lebih lanjut, calon gubernur nomor urut 2 itu mengungkapkan, apabila lahan kosong dapat dibeli, kali dapat dikeruk dan tidak banjir lagi, maka rumah-rumah warga tidak perlu dibongkar.

“Kalau kami bisa keruk Kali Baru, kemudian sekaligus kami bangun embung, berarti rumah-rumah warga yang ada di kawasan ini (Jagakarsa) tidak perlu dibebaskan,” ungkap Ahok.

More about ...

  • Banjir di Kemang Rendam 3 KawasanBanjir di Kemang Rendam 3 Kawasan Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras yang melanda Jakarta dan sekitarnya sore tadi, membuat sejumlah wilayah tergenang banjir. Di antaranya kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Hingga pukul […]
  • Ahok Masih Pelajari Cara Atasi Banjir KemangAhok Masih Pelajari Cara Atasi Banjir Kemang Liputan6.com, Jakarta - Banjir yang terjadi di Jalan Kemang Raya dan Taman Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu 28 Agustus kemarin membuat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok […]
  • Banjir di Kemang, Sandiaga Uno: Jangan Salahkan AhokBanjir di Kemang, Sandiaga Uno: Jangan Salahkan Ahok TEMPO.CO, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Sandiaga Salahuddin Uno, meminta masyarakat tidak menyalahkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok […]