Banjir di Kemang Akibat Tumpukan Sampah di Saluran Air

Penyebab banjir di Kemang adalah tumpukan sampah yang mengendap di saluran air.

KEMANG – Untuk mengantisipasi banjir yang kerap terjadi di wilayah Kemang, puluhan Petugas Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan mengeruk saluran atmosphere yang ada di Jalan Kemang Utara Raya RT 03/4.

Sebab, saluran atmosphere tersebut selama ini terputus akibat di salah satu areanya tertutup oleh tumpukan tanah dan element bangunan. Hal ini menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir, terutama pada saat turun hujan.

“Di dalam saluran atmosphere ini, kami menemukan tumpukan tanah, sudah ada puluhan karung yang kami bersihkan. Gara-gara tumpukan tanah ini, saluran terputus sekitar 15 meter,” kata Sodikin, salah seorang petugas PPSU, Rabu (17/5/2017).

Dia menambahkan, sejauh ini tidak ada yang tahu siapa orang yang sengaja menimbun saluran atmosphere tersebut dengan tanah dan sampah element bangunan, “Tidak tahu siapa. Tapi di sini kalau pas hujan airnya mengalir di jalanan, sehingga mengganggu arus lalu lintas,” jelasnya.

Saat dikonfirmasi Lurah Bangka Sulistio mengatakan bahwa hal itu selama ini tidak terdeteksi karena terkamuflase oleh halaman pertokoan yang ada di kawasan tersebut.

Baca : Suruh LSM Sidak Pembangunan RTLH, Camat Ciawi Didemo Warga

“Awalnya kami tidak tahu, lalu diamati kok tiap hujan airnya berpindah ke jalan raya. Ternyata ada bagian saluran atmosphere yang tertimbun,” ungkapnya.

Dengan adanya temuan ini, ia joke langsung menginstruksikan jajarannya untuk melakukan pengecekan menyeluruh terhadap saluran atmosphere yang ada di wilayahnya.

“Saluran atmosphere lainnya yang akan segera ditangani itu di sekitar Pasar Buncit. Karena di lokasi itu selama ini menjadi langganan banjir. Masalah utamanya karena kawasan perkampungan dan lokasinya lebih rendah dari Kali Mampang,” tuntasnya.

More about ...