Begini Cara PCNU Pamekasan Mencetak Ahli Ilmu Falak

Pamekasan, 9/5 (Media Madura) – Guna terus mencetak generasi yang ahli ilmu falak, yakni bidang ilmu astronomi yang mempelajari perbintangan, peredaran benda-benda langit, khususnya bumi, bulan dan matahari, PCNU Pamekasan melakukan berbagai kegiatan dan langkah-langkah strategis termasuk menggelar kajian serta diklat.

Ketua PCNU Pamekasan KH. Taufik Hasyim menuturkan, ilmu falak merupakan bidang ilmu yang sangat penting, dan generasi muda muslim harus ada yang ahli di bidang ilmu ini.

“Ilmu falak ini sangat penting, dan kita harus menciptakan generasi yang ahli dalam ilmu ini,” katanya saat menghadiri diklat kaderisasi ulama falak angkatan 1 yang diadakan oleh Badan Hisab Rukyat (BHR) yang bekerjasama dengan Kemenag Pamekasan, Lembaga Falakiyah PCNU Pamekasan dan kompas kulminasi yang akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 9 sampai 11 Mei.

Nantinya, kata dia, dengan module pendidikan dan kegiatan kajian ilmiah tentang ilmu falak dalam menciptakan generasi yang benar-benar memahami ilmu yang juga berguna dalam menentukan waktu sholat, arah kiblat, gerhana bulan dan matahari serta penentuan awal bulan bulan hijriyah ini secara menyeluruh.

“Semoga Kader-kader militan yang fokus pada Ilmu falak nantinya bisa memberikan kontribusi penuh terhadap maayarakat pamekasan,” uranya dalam acara yang dihadiri oleh perwakilan takmir masjid se-Pamekasan, perwakilan penyuluh KUA se-Pamekasan, perguruan tinggi dan pondok pesantren, di Aula Muzdalifah Kemenag Pamekasan.

Tidak hanya kegiatan diklat itu, mencetak generasi yang memahami ilmu falak juga dilakukan di lembaga pendidikan dan pesantren-pesantren NU yang ada di kabupaten pendidikan ini.

Sementara itu, ketua lembaga falakiyah PCNU Pamekasan, Hosen mengatakan, kaderisasi keilmuan di bidang falakiah ini sangat penting di tengah-tengah masyarakat khususnya di tingkat bawah, sehingga berbagai kajian dan diklat terus akan digelar oleh pihaknya.

“Bidang ilmu ini salah satunya berfungsi untuk meminimalisir perbedaan-perbedaan waktu sholat, perbedaan arah kiblat dan penentuan tahun baru hijriyah,” katanya.

Kedepan, kata dia, atas instruksi dari ketua PCNU Pamekasan, pihaknya akan menggelar pelatihan dan pendidikan khusus ilmu falak mulai tingkat repetition dan MWC NU.

Penulis : Arif
Editor : Ahmadi

More about ...