Bentrokan Piala Eropa 2016, sejumlah warga Inggris dilarikan ke rumah sakit

Hak atas foto
AP

Image caption

Pagar pemisah suporter di stadion Vellodrome, Marseille, menjadi penyebab bentrokan.

Sejumlah warga Inggris tengah dirawat di rumah sakit di Prancis setelah serangkaian bentrokan antara penggemar sepak bola di Marseille, kata duta besar Inggris untuk Prancis.

Bentrokan pecah antara suporter timnas Inggris, pendukung tim saingan dan polisi selama tiga hari di kota pelabuhan Prancis itu.

Terjadi pula tawuran di dalam stadion ketika Inggris dan Rusia bermain seri 1-1 di ajang Piala Eropa 2016 , setelah suporter Rusia tampaknya menyerang terlebih dulu di lokasi pendukung Inggris.

Polisi Prancis mengatakan salah seorang warga Inggris terluka parah dalam bentrokan sebelumnya.

Hak atas foto
Getty

Image caption

Sejumlah warga Inggris dirawat di sejumlah rumah sakit setelah serangkaian bentrokan.

Saksi mata mengatakan masalah dimulai di stadion setelah suporter Rusia menghidupkan kembang api jelang laga berakhir. Beberapa suporter kemudian menaiki pagar pemisah dua kelompok suporter.

Wartawan BBC Nick Eardley menggambarkan aksi suporter Rusia yang melompati pagar pembatas “sangat mengerikan”.

Polisi mengatakan kepada BBC bahwa enam orang telah ditangkap dan sedikitnya lima terluka selama bentrokan.

Editor BBC olahraga, Dan Roan mengatakan suporter melompati pagar karena panik.

Hak atas foto
Reuters

Image caption

Polisi Prancis membubarkan aksi para suporter Inggris di Marseilles.

“Ini pertanyaan besar untuk UEFA,” tulis Dan Roan dalam pesan twitternya. “Aksi lompat pagar pemisah telah memicu bentrokan. Mengapa pagar pembatas sepertinya tidak berfungsi?”

Mengutuk aksi kekerasan

Seorang pejabat comparison keamanan Asosiasi sepak bola Inggris, FA mengatakan dia tidak pernah menyaksikan aksi lompat pagar pembatas dalam sembilan turnamen besar yang dia hadiri

Duta Besar Inggris untuk Prancis, Julian King dalam tweeternya mengatakan: “Ada sejumlah warga Inggris yang dirawat di rumah sakit tadi malam. Pihak konsuler terus berkoordinasi dengan pihak berwenang Prancis…”

Image caption

Dua anggota medis Prancis tengah menolong suporter yang terluka akibta bentrokan antar suporter fanatik.

Sebelumnya, polisi Prancis mengatakan satu orang warga Inggris tergeletak di jalan setelah aparat keamanan membubarkan bentrokan dengan gas atmosphere mata.

Ada pula bentrokan di kota Nice antara polisi dan suporter Irlandia Utara dan Polandia, yang akan berlaga pada hari Minggu. Enam orang dilaporkan terluka.

Asosiasi sepak bola Inggris, FA mengutuk aksi kekerasan dan mengatakan “sangat kecewa” atas bentrokan tersebut”.

Asosiasi sepak bola Eropa, UEFA mengatakan pihaknya “mengutuk insiden di Marseille” sekaligus menambahkan bahwa “orang-orang yang terlibat dalam aksi kerusuhan tidak memiliki tempat dalam sepakbola”.

More about ...