Berita Populer: Kampung Gajah Dijual hingga Vendor Meikarta Ingin Berdamai

JAKARTA, KOMPAS.com — Pada awal pekan kemarin, para pembaca banyak yang menyimak mengenai penjualan aset Kampung Gajah.

Penjualan aset salah satu tempat wisata di kawasan Bandung, Jawa Barat itu karena PT Cahaya Adisaputra Sentosa, pengelola tempat tersebut dinyatakan pailit.

Selain mengenai Kampung Gajah, topik lain yang menarik perhatian pembaca adalah nama-nama calon dirut Pertamina yang sudah diserahkan ke Presiden Joko Widodo.

Berikut 5 berita populer di kanal Ekonomi Kompas.com, Senin (16/7/2018):

1. Penjualan Aset Kampung Gajah Diprediksi Bisa Tutupi Utang

Salah satu kurator kepailitan PT Cahaya Adisaputra Sentosa, perusahaan pengelola Kampung Gajah Vichung Chongson, memperkirakan penjualan aset Cahaya Adisaputra mampu menutup tagihan-tagihannya.

“Kalau terjual dengan harga pasar (market value), bisa menutup utang. Tapi kalau dengan harga likuidasi, mungkin hanya cover 70 persen,” kata Vichung seperti dilansir Kontan.co.id, Minggu (15/7/2018).

Beberapa aset yang telah masuk boedel pailit sendiri berupa lahan seluas 36 hektar, bangunan, dan beberapa wahana permainan Kampung Gajah.

Sementara dalam proses kepailitannya, tagihan Kampung Gajah ditetapkan senilai sum Rp 651 miliar. Tagihan tersebut berasal dari 50 kreditor baik preferen, konkuren, dan separatis. Beberapa kreditor yang memiliki piutang besar antara lain Bank J Trust senilai Rp 135 miliar, BRI sebesar Rp 69 miliar, dan BPR Gunadhana senilai Rp 27 miliar.

Baca selengkapnya: Penjualan Aset Kampung Gajah Diprediksi Bisa Tutupi Utang

2. 3 Calon Dirut Pertamina Sudah Diserahkan ke Jokowi, Siapa Saja? 

 Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengaku sudah menyerahkan tiga nama calon Direktur Utama Pertamina ke Presiden Joko Widodo ( Jokowi). Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno menyebutkan, Menteri BUMN Rini Soemarno sudah menyerahkan nama-nama calon dirut Pertamina kepada Presiden Joko Widodo. “Tergantung Presiden (yang memutuskan). Sudah ada tiga nama, Bu Menteri (Rini Soemarno) yang ajukan,” katanya saat dikonfirmasi, pekan lalu. Seperti dilansir Kontan.co.id, tiga nama calon Dirut Pertamina yang sudah diserahkan kepada Presiden Jokowi adalah Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Hulu Pertamina Samsu Alam, dan mantan Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya Yuktyanta.

Baca selengkapnya: 3 Calon Dirut Pertamina Sudah Diserahkan ke Jokowi, Siapa Saja?

3. Skema Pensiun PNS yang Baru akan Diterapkan Tahun 2020

Pemerintah akan mulai menjalankan skema pensiun yang baru bagi aparatur sipil negara (ASN) pada tahun 2020. Dengan skema fully funded, dari saat ini pay as we go, pemerintah berharap keuntungan yang diperoleh ASN lebih besar, di samping meringankan beban APBN.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan, pemerintah sudah mantap untuk menerapkan skema fully funded untuk pembayaran pensiun ASN alias PNS.

Walau sudah ditetapkan, menurut Asman, skema ini masih terus difinalisasi di tingkat kementerian.

Dengan skema baru itu, pembayaran pensiun akan dibayarkan patungan antara ASN dan pemerintah, sebagai pemberi kerja. Selama ini dengan skema pay as we go, uang pensiun PNS dibayarkan 100 persen dari APBN tiap tahun

Baca selengkapnya: Skema Pensiun PNS yang Baru akan Diterapkan Tahun 2020

4. BCA Kembali Promosikan Fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu

PT Bank Central Asia Tbk ( BCA) hari ini mempromosikan kembali layanan yang belum banyak diketahui oleh nasabah setianya yakni tarik tunai tanpa kartu ATM lewat BCA Mobile (M-BCA).

Fitur tarik tunai tanpa kartu sebenarnya sudah dikenalkan kepada masyarakat sejak 2017, tapi banyak nasabah BCA yang belum mengetahui fitur ini.

Menurut Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, fitur tarik tunai tanpa kartu ini dapat mempermudah transaksi nasabah. Selain itu, keamanan joke cukup terjamin.

“Mempermudah transaksi dan efisien,” ujar Jahja pada acara Kunjungan Miss Gran Indonesia 2018 di BCA Learning Institute, Bogor, Senin (16/7/2018).

Baca selengkapnya: BCA Kembali Promosikan Fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu

5. Vendor Meikarta Ingin Berdamai di Luar Pengadilan

PT Relys Trans Logistics dan PT Imperia Cipta Kreasi mencabut permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang ( PKPU) kepada PT Mahkota Sentosa Utama, pengembang megaroyek Meikarta.

Mengutip Kontan.co.id, pencabutan tersebut diajukan kuasa hukum Relys dan Imperia Ibnu Setyo Hastomo dari kantor hukum Tommy Sihotang Partners dalam sidang perdana perkara bernomor 91/Pdt.Sus-PKPU/2018/PN Jkt.Pst di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, Senin (16/7/2018).

“Iya klien minta untuk dicabut, mungkin ada kesepakatan di luar sidang, mungkin juga tidak. Kami, kan, hanya kuasa hukum, menjalankan instruksi klien saja,” kata Ibnu seusai sidang.

Direktur Imperia Herman membenarkan pencabut permohonan ini. Hanya saja, ia enggan menjelaskan apa alasannya.

Baca selengkapnya:  Vendor Meikarta Ingin Berdamai di Luar Pengadilan

More about ...