BHR Pamekasan Gelar Kaderisasi Ulama Falak Angkatan I

Pamekasan (beritajatim.com) – Badan Hisab Rukyat (BHR) Pamekasan menggelar Kaderisasi Ulama Falak Angkatan we yang digelar di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jl Swatantra Nomor 1, Selasa hingga Kamis (9-11/5/2017) besok.

Dalam kesempatan itu BHR menggandeng sekaligus bekerjasama dengan sejumlah pihak dalam melaksanakan kegiatan yang digelar selama tiga hari, meliputi Kemenag, Lembaga Falakiyah PCNU dan Kompas Kulminasi Pamekasan.

Pelatihan tersebut tentunya akan dijadikan sebagai sarana mencetak generasi ahli falak yang memahami bidang astronomi, sekaligus sebagai langkah strategis dalam menggelar kajian atau diklat.

“Ilmu falak ini sangat penting dan kita harus menciptakan generasi yang ahli dalam ilmu (astronomi) ini,” kata Ketua PCNU Pamekasan KH Taufik Hasyim, Rabu (10/5/2017).

Program itu juga diharapkan bisa memberikan pemahaman baru bagi peserta dalam bidang astronomi, seperti menentukan arah kiblat, waktu salat, gerhana bulan dan matahari maupun penentuan awal bulan hijriyah. “Kami harapkan pada kader yang fokus pada ilmu ini nantinya bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat,” ungkapnya.

“Bahkan kegiatan seperti ini kita juga sering menggelar di berbagai lembaga pendidikan maupun sejumlah pesantren berbasis NU (Nahdlatul Ulama) yang ada di Pamekasan,” tegasnya.

Sementara Ketua Lembaga Falakiyah NU Pamekasan Hosen mengaku kaderisasi tersebut sangat penting, sehingga perlu dilakukan secara maraton dan berkesinambungan. “Ilmu ini berfungsi meminimalisir berbagai perbedaan waktu salat, arah kiblat hingga penentuan awal bulan hijriyah,” ungkapnya.

“Berdasar instruksi dari Ketua PCNU Pamekasan, kedepan kita akan menggelar pelatihan dan pendidikan ilmu falak mulai tingkat repetition hingga MWC NU se Pamekasan,” tegasnya.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, dalam kegiatan tersebut setidaknya tercatat sebanyak empat poin yang akan dijadikan sebagai kajian utama. Meliputi pengenalan ilmu astronomi, mengaplikasaikan kalkulator dan rumus, menghitung awal bulan dan menghitung arah kiblat. [pin/ted]