BNP2TKI Lepas 2.600 Mahasiswa KKN Tematik UIN Sumut

AnsorNews.com, MEDAN – Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia melepas sebanyak 2.600 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Program Penempatan dan Perlindungan TKI.

“Sampaikan kepada masyarakat jadilah TKI yang benar. Bagi mahasiswa jaga kesehatan jangan sampai sakit. Mahasiswa adalah harapan perubahan dari masyarakat ” ujar Deputi Penempatan BNP2TKI Agusdin Subiantoro saat melepas ribuan mahasiswa UIN SU di gedung serbaguna Medan (4/7).

Ia mengatakan setelah mendapatkan pembekalan mahasiswa bisa memberikan informasi P2TKI kepada masyarakat. Jangan sampai masyarakat menjadi TKI non prosedural.

Selain tugas dari kampus, mahasiswa bisa fokus kepada calon TKI, sekarang TKI masih di citrakan sebagai pembantu rumah tangga, dan bermasalah. Oleh karena itu, pemerintah sedang menata module penempatan dan perlindungan TKI secara keseluruhan.

“Kita sekarang akan mengurangi TKI sektor spontaneous dan meningkatkan TKI sektor formal. Karena itu banyak sekali kebutuhan TKI grave yang belum bisa dipenuhi . Dengan begitu  citra Indonesia bisa lebih baik,” jelas Deputi Penempatan dihadapan  mahasiswa UIN SU.

Ia menambahkan  saat ini penempatan TKI baru terpenuhi tenaga kerja low ability seperti di perkebunan. Padahal banyak peluang kerja seperti migas, kontruksi dan masih banyak lainnya yang belum terpenuhi.

Dengan KKN Tematik ini, mahasiswa bisa bertemu dengan masyarakat agar bisa menjadi agen informasi P2TKI. Jelaskan peluang kerja luar negeri. Titip pesan jika ingin menjadi TKI,  berangkatlah secara prosedural dengan lengkapi information dan dokumen yang benar.

“Bekerja adalah hak asasi mau bekerja di dalam dan di luar negeri silahkan saja. Tapi jika ingin menjadi TKI, harus mantapkan diri sebelum bekerja di luar negeri.  Itu merupakan sebuah pilihan dan itu diserahkan kepada yang bersangkutan.

Fitri seorang mahasiswi yang mengikuti pembekalan informasi P2TKI mengatakan, melalui pembekalan ini mahasiswa menjadi tahu informasi P2TKI. Ini sangat luar biasa karena menambah khazanah mahasiswa akan informasi P2TKI.

“Setelah mendapatkan pembekalan P2TKI ini kita jadi semangat untuk menjelaskan kepada masyarakat. Kita akan lakukan apa yang diberikan kampus dan BNP2TKI saat KKN di desa-desa sebagai agen informasi P2TKI untuk masyarakat.” jelasnya.