BNP2TKI Pamerkan Produk Purna TKI di Arab Saudi

Jeddah, LiputanBMI – Sejumlah produk dan karya tangan purna TKI dipamerkan di gedung JCFE (Jeddah Center for Forums and Events) dalam festival Saudi Food, Hotel Hospitality. Acara ini akan diadakan selama 4 hari dari 23 sampai 26 Apr 2017 dengan menampilkan aneka ragam makanan ringan dari berbagai negara.

Kepala Seksi Fasilitasi TKI Purna Direktorat Pemberdayaan BNP2TKI Restu Dewi Utami mengatakan, sejumlah produk purna TKI yang dipamerkan antara lain kripik buah, kripik bunga, kripik tahu dan kerajinan tangan akar wangi dari Garut. Ia berharap produk purna TKI mampu bersaing dan ekspansi ke luar negeri sehingga dapat diproduksi secara massal.

“Harapan kami produk purna TKI juga ekspansi ke luar negeri, kebetulan kami mendapatkan kesempatan untuk mengenalkan di Arab Saudi,” kata Dewi saat dihubungi LiputanBMI, Minggu (23/4).

Masih kata Dewi, sejumlah produk purna TKI yang dikemas dengan baik mampu menarik perhatian pengunjung warga Saudi.

“Tadi banyak juga pengunjung yang mencoba kripik buah,” ungkapnya.

Terkait banyaknya TKI yang pulang melalui module amnesti 2017, ia mengatakan TKI purna harus punya komitmen untuk maju di negara sendiri. BNP2TKI, lanjut kata Dewi, selama ini sudah melakukan pelatihan dan pemberdayaan di berbagai daerah di Indonesia.

“Kalau ada purna TKI punya modal tapi tidak punya keahlian atau tidak punya modal dan keahlian itu kita kemas dengan module pemberdayaan terintegrasi selama 6 hari, kemudian kita libatkan mitra industri dan kita berikan akses ke pasar. Jadi teman-teman TKI purna begitu pulang jangan khawatir, bisa langsung menghubungi BP3TKI di daerahnya masing-masing,” paparnya.

Salah satu pengunjung warga Indonesia Abdul Halim mengapresiasi langkah yang dilakukan BNP2TKI. Menurutnya, untuk memasukkan produk purna TKI ke pasar internasional butuh kerja keras dan dukungan pemerintah.

“Kalau peluang tentu ada, namun untuk mencari distributor Arab Saudi perlu produk yang dapat didaur secara global,” ujarnya.


(IYD, 25/04)

More about ...