BNPB: Banjir di Jakarta Bergeser ke Kemang

Metrotvnews.com, Jakarta: Musim penghujan mulai masuk di Ibu Kota. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebut mulai ada pergeseran titik banjir di Jakarta.

“Jakarta banjirnya bergeser ke daerah Kemang. Kalau Bukit Duri banjirnya sudah relatif tertangani karena normalisasi. Tapi daerah Kemang hujan sedikit saja langsung banjir,” kata Sutopo di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Kamis, 26 Oktober 2017. 

Sutopo merinci ada 125 kelurahan dan 634 RW yang merupakan daerah rawan banjir di Jakarta. Banjir ini disebabkan oleh banyaknya bangunan yang berdiri di atas aliran resapan air.

“Sungai seharusnya 20 scale sekarang tinggal 2 meter. Di Krukut itu contohnya,” terang Sutopo. 

Baca juga: Normalisasi Kali Jalan Terus

Sutopo mengatakan, normalisasi Kali jadi cara utama untuk mengurangi banjir di Jakarta. Mau tak mau, harus ada warga yang terkena relokasi akibat normalisasi Kali.

Namun ia mengakui tak mudah memindahkan warga. Masih banyak penolakan dari warga di lapangan.

“Ini yang pale sulit. Karena relokasi itu bukan hanya memindahkan rumahnya, tapi kehidupannya. Tapi kalau mau Jakarta bebas banjir ya memang harus direlokasi. Kalau mau dilebarkan berarti rumah-rumah di bantaran itu harus direlokasi, tapi sekali lagi ini tidak mudah,” ujar Sutopo. 

Baca juga: Cara Anies Tanggulangi Potensi Banjir

Sutopo mengingatkan daerah lain yang belum menghadapi permasalahan kompleks seperti DKI Jakarta untuk segera berbenah menertibkan tata ruangnya. Hal tersebut dilakukan agar daerah rawan banjir di Indonesia tidak semakin meluas. 

“Hendaknya masalah-masalah yang terkait lingkungan dan tata ruang harus jadi prioritas. Kalau sudah terlanjur masyarakat tinggal di bantaran sungai seperti di Jakarta, mau dikembalikan juga sulit sekali,” tutup Sutopo.

(CIT)

More about ...

  • Ahok Masih Pelajari Cara Atasi Banjir KemangAhok Masih Pelajari Cara Atasi Banjir Kemang Liputan6.com, Jakarta - Banjir yang terjadi di Jalan Kemang Raya dan Taman Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu 28 Agustus kemarin membuat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok […]
  • Banjir di Kemang, Sandiaga Uno: Jangan Salahkan AhokBanjir di Kemang, Sandiaga Uno: Jangan Salahkan Ahok TEMPO.CO, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Sandiaga Salahuddin Uno, meminta masyarakat tidak menyalahkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok […]
  • Hujan Deras, Kemang Kembali Terendam BanjirHujan Deras, Kemang Kembali Terendam Banjir REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hujan deras yang turun di sebagian wilayah Jakarta, Rabu (14/9) malam, menyebabkan genangan dan banjir di sejumlah titik. Menurut laporan Badan […]