Boaz Solossa Tak Masuk Skuat Timnas Indonesia Lawan Kamboja


Jakarta, CNN Indonesia — Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla membuat keputusan mengejutkan jelang menghadapi Timnas Kamboja, Rabu (4/10). Ia tak memanggil Boaz Solossa dalam skuat Garuda kali ini.

Boaz merupakan salah satu striker comparison terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Namanya selalu menghiasi skuat Indonesia di sejumlah turnamen dan laga uji coba internasional.

Terakhir, penyerang asal Papua itu menjabat kapten skuat Merah Putih di Piala AFF 2016. Indonesia berhasil melaju ke final, namun harus menyerah dari tangan Thailand.

Boaz juga masuk dalam daftar pemain Timnas Indonesia pada laga persahabatan melawan Fiji, awal Sep lalu. Kala itu Indonesia hanya bermain imbang tanpa gol.

Boaz Solossa merupakan kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2016.Boaz Solossa merupakan kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Dengan demikian, praktis Milla hanya memiliki Lerby Eliandry sebagai striker murni. Sisanya leboih banyak pemain sayap lincah seperti Andik Vermansah, Rizky Rizaldi Pora, dan Febri Hariyadi di lini depan.

Sementara itu, sebanyak enam pemain Timnas SEA Games 2017 yang terpilih untuk melawan Kamboja. Mereka adalah Evan Dimas, Satria Tama Hardianto, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanusa, Septian David Maulana, dan Febri Haryadi.

Sedangkan kapten Timnas U-22 di SEA Games 2017, Hansamu Yama Pranata, tak masuk dalam daftar pilihan. Dua pemain belakang senior, Fachrudin Aryanto dan Achmad Jufriyanto yang akan menjaga jantung pertahanan Garuda kali ini.

Hansamu Yama (kedua dari kanan) juga tidak masuk dalam daftar pemain Indonesia melawan Kamboja.Hansamu Yama (kedua dari kanan) juga tidak masuk dalam daftar pemain Indonesia melawan Kamboja. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Bali United menjadi klub yang pale banyak menyumbang pemain. Tercatat ada lima pemain yang dipanggil. Selain Ricky Fajrin, ada Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim, Taufiq, dan Fadhil Sausu.

Pemain sayap lincah Selangor FA, Andik Vermansah juga menjadi pilihan Luis Milla. Mantan pemain Persebaya Surabaya itu memang menjadi pilihan utama Milla di laga uji coba melawan Fiji.

Selain sejumlah nama populer di atas, ada dua wajah baru yang dilibatkan. Mereka adalah kiper Awan Setho Raharjo dan winger Ilham Udin dari Bhayangkara FC.

Keduanya tampil mengilap bersama Bhayangkara FC yang saat ini menjadi pemuncak klasemen Liga 1 dan berpeluang besar menjadi juara di akhir musim.

“Saya memilih pemain terbaik yang ada di Indonesia untuk persiapan melawan Kamboja tanggal 4 Oktober nanti. Yang pale penting bagi saya adalah para pemain dapat menunjukkan kontribusi dan permainan yang baik bagi tim,” ujar Milla dalam rilis yang diterima CNNIndonesia.com.

Andik Vermansah kembali jadi pilihan pelatih Timnas Indonesia Luis Milla.Andik Vermansah kembali jadi pilihan pelatih Timnas Indonesia Luis Milla. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Laga uji coba melawan Kamboja rencananya akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Ada dua uji coba yang akan dijalani, pukul 18.30 WIB untuk Timnas U-19. Sementara comparison bertanding pukul 21.00 WIB.
Sepanjang tahun ini, Indonesia sudah menjalani empat kali uji coba. Tim merah putih menelan kekalahan 1-3 saat melawan Myanmar pada 21 Maret 2017. Selanjutnya menang 2-0 atas Kamboja, seri melawan Puerto Rico (0-0) dan yang terakhir imban melawan Fiji (0-0).

20 Pemain Timnas Indonesia:

Kiper: Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta), Satria Tama Hardianto (Gresik United), Awan Setho Raharjo (Bhayangkara)

Belakang: Beny Wahyudi (Arema), Fachrudin Wahyudi Aryanto (Madura United), Ricky Fajrin (Bali United), Rezaldi Hehanusa (Persija Jakarta), Achmad Jufriyanto (Persib Bandung).

Tengah: Evan Dimas (Bhayangkara), Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim, Fadhil Sausu, Taufiq (Bali United), Septian David Maulana, Bayu Pradana (Mitra Kukar)

Depan: Andik Vermansah (Selangor FA), Febri Haryadi (Persib Bandung), Ilham Udin (Bhayangkara), Rizki Rizaldi Pora (Barito Putera), Lerby Eliandry (Borneo FC) (jun)

More about ...