Bule Belanda Ikut Nonton Demo Sopir Taksi di Bandung




Bandung – Aksi unjuk rasa ribuan Gabungan Pengemudi Taksi Bandung (GPTB) di Balai Kota Bandung menarik perhatian seorang bule yang kebetulan melintas, Jalan Wastukencana, Rabu (2/11/2016). Wisatawan asal Belanda itu terlihat antusias melihat aksi tersebut.

Hans Kruit, yang mengenakan setelan olahraga berwarna putih itu berhenti sejenak tepat di belakang para demonstran. Lalu mencoba berbincang dengan polisi yang menjaga. Dia kemudian menghampiri detikcom dan mengajak berbincang. Rupanya, bule asal Belanda itu paham apa yang para sopi taksi keluhkan.

“Beberapa tahun lalu di Belanda juga sama seperti ini. Saat kehadiran taksi online,” ujarnya.

Hans mengaku tidak heran dengan aksi yang dilakukan para sopir taksi itu. Di daerah asalnya, Belanda, juga pernah mengalami hal serupa. “Saat itu para sopir taksi marah. Tapi sekarang mereka sudah mengikuti sistem online. Karena mereka paham bahwa dengan sistem online mereka akan lebih banyak penghasilan,” ucapnya.

Sekitar 10 menit Hans menyimak orasi. Pria yan sedikit paham bahasa Indonesia ini kembali berlari menuju hotelnya yang berada tak jauh dari Balai Kota.

Sementara para sopir taksi ikut mengomentari kehadiran bule tersebut yang tampak antusias menyimak orasi.

Rek naon eta bule (mau apa itu bule). Rek milu demo sugan mah (mau ikut demo barangkali),” ujar beberapa sopir taksi.

Hingga saat ini aksi masih berlanjut. Mereka masih menunggu kehadiran Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Mereka memprotes keberadaan taksi online plot hitam. Padahal sejak Selasa (1/11/2016) sore, pimpinan tertinggi di lingkungan pemerintahan Kota Bandung itu berada di Jakarta.

(avi/ern)

More about ...