CEO Xiaomi Bakal ke Indonesia Bulan Ini, Mau Rilis Apa?

HAWAII, KOMPAS.com – Sep lalu, CEO Xiaomi mampir ke Indonesia untuk memperkenalkan produk baru. Belum lama berselang, dia mengutarakan niatnya untuk kembali, tepatnya pada pertengahan bulan Desember ini.

“Bakal ada banyak peluncuran produk menarik di Indonesia, termasuk produk-produk flagship kami,” kata Lei Jun saat berbicara dalam sesi tanya jawab di sela acara Qualcomm Snapdragon Summit 2017 di Hawaii, Amerika Serikat, Selasa (5/11/2017).

Jun tidak merinci produk apa saja tepatnya yang akan dirilis oleh Xiaomi di Indonesia. Namun, dia menegaskan Indonesia adalah salah satu pasar internasional terpenting bagi Xiaomi yang sedang giat melakukan ekspansi ke lebih dari 60 negara di seluruh dunia.

Sebagai informasi, smartphone flagship atau kelas atas terbaru dari Xiaomi yang belum masuk Indonesia adalah seri Mi 6 dan Mi Mix 2. Produk terakhir sempat dipamerkan CEO Xiaomi saat berkunjung ke Indonesia Sep lalu. (Baca juga : CEO Xiaomi Pamer Mi Mix 2 di Jakarta)

Apakah Mi Mi 2 atau kedua produk tersebut yang akan diluncurkan di Indonesia pada Desember ini? Kita tunggu saja.

CEO Xiaomi Lei Jun dalam sesi tanya jawab di sela acara Qualcomm Snapdragon Summit 2017 di Hawaii, Amerika Serikat, Selasa (5/11/2017).Oik Yusuf/KOMPAS.com CEO Xiaomi Lei Jun dalam sesi tanya jawab di sela acara Qualcomm Snapdragon Summit 2017 di Hawaii, Amerika Serikat, Selasa (5/11/2017).

Kenapa Jun memutuskan kembali mampir ke Indonesia hanya berselang beberapa bulan setelah kunjungan sebelumnya? Global Communications Manager Xiaomi Kaylene Hong mengatakan bahwa bos Xiaomi itu memang merupakan orang yang gemar turun langsung ke lapangan.

“Dia ingin tahu soal segala hal tentang sebuah pasar, mulai dari penjualan, kebutuhan konsumen, fans Xiaomi setempat, hingga categorical ke toko,” ujar Kaylene. Ketika berkunjung ke Indonesia Sep lalu, Jun memang sempat meresmikan sebuah toko di Bekasi, misalnya.

Baca juga : Guyonan CEO Xiaomi di Bekasi, Semua Orang Indonesia Jutawan

Dari kunjungan ke negara-negara yang menjadi wilayah ekspansi Xiaomi ini, Jun banyak memperoleh masukan dan cara menyesuaikan produk dengan kebutuhan pasar lokal. Kaylene mencontohkan Jun yang baru sadar bahwa India memiliki iklim yang sangat panas ketika dia benar-benar berkunjung ke sana.

“Dari pengalaman itu kami lalu melakukan penyesuaian produk yang dipasarkan di India, agar lebih bisa meredam panas,” terang Kaylene.

Pihak Xiaomi mengklaim telah duduk di urutan pertama pasaran smartphone India. Di Indonesia, pabrikan yang sering disebut “Apple dari China” itu kini ada di posisi ke-5, berdasarkan information riset pasar IDC per kuartal III 2017. (Baca: Daftar 5 Besar Merek Smartphone di Indonesia)

More about ...