Cerita Maudy Ayunda Jadi Pelajar Mandiri Saat Kuliah di Oxford

TEMPO.CO, Jakarta – Aktris cantik Maudy Ayunda berharap para pelajar Indonesia bisa menjadi pelajar yang mandiri. Dia joke membagikan pengalamannya saat kuliah di Oxford University, Inggris.

Seperti diketahui, Maudy Ayunda resmi diterima menjadi mahasiswa jurusan P.P.E (Politics, Philosophy, and Economics), Universitas Oxford, pada 2013 lalu. Di awal bulan Oktober 2016, Maudy resmi menyandang gelar sarjananya.

Maudy menuturkan pelajar mandiriĀ  artinya belajar untuk belajar, “Kita punya cara sendiri untuk sampai titik kita mengerti, jadi kita itu perlu menjadi pelajar yang mandiri,” ujarnya di Jakarta, Jumat, 28 Apr 2017.

Karena itu, selama kuliah di Oxford, Maudy tak cukup hanya mendapatkan ilmu dari buku. Ia juga mencari pengetahuan lain dengan mendatangi perpus, membeli buku, atau belajar melalui YouTube. “Dulu sebelum ada Quipper saya selalu lihat di youtube, jadi intinya kita proaktif,” kata Maudy yang kini menjadi Brand Ambassador Quipper, aplikasi edukasi berbasis teknologi.

Maudy mengaku sangat merasakan manfaat pendidikan berbasis teknologi saat berkuliah di Oxford. “Mimpinya sih, akan lebih banyak anak Indonesia bisa akses pendidikan berkualitas tanpa batasan apa pun,” kata Maudy .

Namun Maudy mengingatkan, untuk menjadi pelajar yang mandiri itu adalah hasil gotong royong dari sekolah, pemerintah, swasta, dan lainnya. “Penting banget kita dapat aksesnya dulu,” kata dia.

Sebab, menurut Maudy, menjadi pelajar mandiri tidak dapat dilakukan tanpa dukungan orangtua, pemerintah, dan sekolah.

AFRILIA SURYANIS