Cristiano Ronaldo: Tanpa Trofi, Terasa Hampa


OLEH DIMAS PANJI SETYADI 


Semua trofi juara baik untuk tim atau individu merupakan hal yang penting bagi bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo mengatakan akan merasa sangat hampa jika melewati satu musim di Real Madrid tanpa memenangkan trofi.

Penyerang berusia 32 tahun itu telah menjalani musim yang cemerlang di Santiago Bernabeu, ia telah tiga kali menjuarai Liga Champions, serta dua gelar juara La Liga Spanyol di antara gelar bergengsi lainnya.

Cristiano Ronaldo Manchester United Champions League trophy

Cristiano Ronaldo, Paolo Maldini,  Pemain Dengan Gelar Liga Champions Terbanyak

Kapten timnas Portugal tersebut juga telah membawa negaranya menjadi juara Euro 2016. Sementara sebagai individu ia telah memenangkan penghargaan Ballon d’Or sebanyak tiga kali, dan The Best FIFA Men’s Player tahun lalu telah menambah jumlah penghargaan yang pernah ia dapatkan saat masih memperkuat Manchester United. 

Ronaldo menjalani start yang mengecewakan di musim 2017/18, ia gagal mencetak gol di La Liga setelah kembali dari hukuman larangan bermain di lima laga domestik. Real Madrid joke kini telah tertinggal tujuh poin dari pemuncak klasemen Barcelona.

Cristiano Ronaldo Ballon d'Or 2016

Tapi sang pencetak gol terbanyak Real Madrid itu tetap memiliki tekad yang kuat untuk meraih lebih banyak trofi musim ini.

“Di dalam lapangan yang terpenting adalah memenangkan trofi. Kami bekerja sepuluh, 11 bulan; jika Anda tidak memenangkan apapun, itu terasa hampa,” ujar Ronaldo kepada mantan rekannya di United Rio Ferdinand dalam wawancara untuk Nike Football.

“Saya suka memenangkan banyak trofi, baik secara kolektif maupun individual, karena saya memang bekerja keras untuk itu.”

“Di luar [lapangan], keluarga dan teman-teman adalah yang terpenting dan untuk mencoba menjadi orang pale bahagia di dunia.”

Ronaldo pindah ke Madrid dari Old Trafford pada 2009 dengan nilai send yang merupakan rekor dunia saat itu, €94 juta.

 

More about ...