Daftar Ponsel yang Dapat Pembaruan Android Q Teknologi • 12 Jul 2019 12:35

Jakarta, CNN Indonesia — Google telah mengumumkan sistem operasi Android Q di konferensi Google I/O beberapa waktu lalu. Perusahaan telah menambahkan beberapa fitur baru di Android Q seperti mode gelap dan perbaikan bug.

Namun, tidak semua perangkat ponsel bisa menikmati sistem operasi ini. Dikutip dari laman resmi Android Developers, berikut 23 ponsel yang mendukung Android Q versi Beta 4:

1. Google Pixel 3
2. Google Pixel 3 XL
3. Google Pixel 3a
4. Google Pixel 3a XL
5. Google Pixel 2
6. Google Pixel 2 XL
7. Google Pixel
8. Google Pixel XL
9. Asus Zenfone 5Z
10. Essential Phone
11. Huawei Mate 20 Pro
12. LG G8

Fitur mode gelap adalah salah satu yang dinantikan pengguna pada pembaruan sistem operasi Android anyar ini (REUTERS/Sergio Perez)

13. Nokia 8.1
14. OnePlus 6T
15. Oppo Reno
16. Realme 3 Pro
17. Sony Xperia XZ3
18. Techno Spark 3 Pro
19. Vivo X27
20. Vivo Nex S
21. Vivo Nex A
22. Xiaomi Mi 9
23. Xiaomi Mi Mix 3 5G

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Android Q versi Beta 4 diluncurkan pada Rabu (10/7). Anda bisa mendapatkan pembaharuan sistem operasi ini dengan mendaftar di situs https://www.google.com/android/beta.

Pengguna yang ingin mengaktifkan mode gelap itu memiliki dua opsi cara. Pertama, dengan dedikasi tombol pengaturan cepat Tema Gelap yang beralih antara Tema Cahaya default dan Tema Gelap baru.

Terakhir, pengguna dapat menyalakan mode Battery Saver yang secara otomatis mengaktifkan Android Q Dark Theme. Fitur ini dinilai ampuh bagi ponsel dengan layar OLED, yang akan membakar lebih sedikit piksel dengan dasarnya mematikan piksel di wilayah tampilan yang sengaja hitam.

Isu privasi membuat Google memberikan jaminan bagi para penggunanya. Sistem operasi Android Q tak luput membekali fitur privasi sehingga pengguna memiliki kontrol lebih besar saat mengakses informasi seperti lokasi dan tempat penyimpanan information seperti foto dan video.

Untuk alasan keamanan, Android Q mengharuskan penggunanya memindai wajah. Dengan begitu, pengguna bisa memastikan information dalam ponsel tidak bisa diakses selain oleh pemiliknya. (din/eks)

More about ...