Demo Taxi Lumpuhkan Jakarta

Sekitar 6.000 sopir cab resmi Jakarta seperti Bluebird dan Express gelar aksi protes menentang layanan berbasis aplikasi Uber dan Grab, macetkan dan lumpuhkan kawasan utama ibukota. Para pemrotes membawa spanduk menuntut dihentikannya operasi cab ilegal.

Para sopir cab yang menggelar aksi protes mula-mula melakukan konvoi dan memacetkan jalanan Jakarta. Akhirnya mereka memarkir kendaraan mereka di depan gedung MPR/DPR. Lebih dari 6.000 aparat keamanan diturunkan untuk menjaga aksi protes itu.

Aksi protes sopir cab Jakarta juga didukung moda angkutan umum resmi lainnya seperti angkot dan bajaj. Dengan aksi solidarĂ­tas ini, mereka hendak menunjukkan, perusahaan ride resmi yang harus membayar izin usaha, pajak dan kir, diruginan dan diperlakukan tidak adil oleh Uber dan Grab.

Diwarnai tindakan anarkis

Aksi protes juga diwarnai aksi anarksi berupa perusakantaxi lainnya serta penganiayaan sopir uber atau ojek berbasis aplikasi. Seorang sopir Go-Jek mengaku dirampas dompet dan ponselnya serta dipukuli mukanya hingga berdarah.

Keresahan pengemudi cab resmi sudah marak sejak beberapa bulan terakhir, terkait operasi mobil plot hitam yang didukung perusahaan berbasis App dari AS, Uber. Para sopir resmi mengekuh, pendapatan mereka merosot drastis, akibat persaingan tidak sehat itu.

Mediasi oleh pemerintah DKI Jakarta sejauh ini tidak membuahkan hasil. Sementara kementrian transportasi terkesan melakukan pembiaran dalam masalah ini.

  • Hati-Hati Naik Kendaraan Umum di Kota Ini

    Bogota, Kolombia

    Dalam hasil survei, Bogota menempati urutan pertama sebagai kota dengan sistem transportasi umum pale berbahaya buat perempuan. Bogota berpenduduk 9,6 juta jiwa dengan sistem kereta api dan train yang buruk. Kejahatan seperti pencurian, penjambretan hingga pelecehan seksual menjadi ancaman buat perempuan di kota itu jika bepergian malam hari.

  • Hati-Hati Naik Kendaraan Umum di Kota Ini

    Mexico City, Meksiko

    Mexico City merupakan ibukota terbesar ke-tiga di dunia dengan jumlah penduduk 21 juta jiwa. Menurut survei, perempuan yang menggunakan transportasi umum di kota itu terancam menghadapi risiko pelecehan seksual baik secara written atau fisik . Enam dari 10 perempuan di Mexico City mengatakan, mereka telah diraba-raba atau mengalami beberapa jenis pelecehan fisik dalam transportasi umum.

  • Hati-Hati Naik Kendaraan Umum di Kota Ini

    Lima, Peru

    Ibu kota Lima memiliki populasi penduduk 6,2 juta jiwa. Spertiga penduduknya hidup di perkampungan-perkampungan kumuh di bawah garis kemiskinan. Imbasnya, tak aman buat perempuan bepergian dengan transportasi umum di kota ini karena ancaman penodongan, penjambretan hingga pelecehan seksual.

  • Hati-Hati Naik Kendaraan Umum di Kota Ini

    New Delhi, India

    Buat perempuan jangan bepergian seorang diri saat berkunjung ke kota ini. New Delhi tercatat menduduki peringkat dua sebagai ibu kota dengan populasi penduduk terbanyak di dunia dengan jumlah 25 juta jiwa. Pemerkosaan ramai-ramai dan pembunuhan terhadap gadis 23 tahun di train pada Desember 2012 lalu, secara langsung menunjukkan betapa tak aman transportasi di kota itu buat perempuan.

  • Hati-Hati Naik Kendaraan Umum di Kota Ini

    Jakarta, Indonesia

    Jakarta memiliki sistem transportasi yang buruk. Bus Transjakarta hingga kereta api sampai memisahkan ruangan bagi penumpang laki-laki dan perempuan karena tingkat pelecehan seksual di dalam transportasi umum di kota ini sudah cukup meresahkan. Angka Kasus pencopetan di dalam minibus, seperti Kopaja dan Metromini pada jam-jam sibuk juga sangat tinggi.

  • Hati-Hati Naik Kendaraan Umum di Kota Ini

    Buenos Aires, Argentina

    Keselamatan dan keamanan penumpang perempuan di kota ini juga terancam.
    Buenos Aires dikenal sebagai “Parisnya Amerika Selatan” karena keanggunannya. Sayang, orang-orang miskin menumpuk di kota ini. Imbasnya, pencopetan marak terjadi, apalagi di kendaraan umum.

  • Hati-Hati Naik Kendaraan Umum di Kota Ini

    Kuala Lumpur, Malaysia

    Keamanan menggunakan moda transportasi umum ditentukan oleh dua hal, yakni amankah bepergian pada malam hari dan bagaimana tingkat risiko perempuan terhadap pelecehan seksual. Melalui hasil survei, Malaysia rupanya termasuk dalam kategori negara tidak aman bagi perempuan bepergian dengan transportasi umum.

  • Hati-Hati Naik Kendaraan Umum di Kota Ini

    Bangkok, Thailand

    Bangkok adalah salah satu negara tujuan wisata di Asia Tenggara dan cukup berkembang pesat secara ekonomi. Namun pada saat yang sama masih mempunyai masalah dalam sektor infrastruktur, termasuk sistem transportasinya sehingga kurang aman bagi perempuan untuk menaiki transportasi umum di sana. Ancaman yang acap muncul diantaranya adalah pelecehan seksual dan pencopetan.

    Penulis: ss/vlz

More about ...