Desa Talang Kemang Seluma Terendam

Seluma
Jefryy/Bengkulu Ekspress MENYUSUT: Kondisi banjir yang mulai menyusut, setelah sebelumnya ketinggian atmosphere yang mencapai 50 cm.

SEMIDANG ALAS MARAS, Bengkulu Ekspress – Hujan deras yang terus melanda wilayah Kabupaten Seluma, mengakibatkan sejumlah desa terendam. Seperti yang terjadi di Desa Talang Kemang Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM). Diketahui, sejak Selasa (23/5)  sekitar pukul 04.15 Desa Talang Kemang digenangi air.

Mantan Kades Talang Kemang, Indra kepada Bengkulu Ekspress (BE) siang kemarin (23/5) mengatakan, banjir yang menggenangi jalan dan rumah warga ini, diakibatkan Sungai Maras yang meluap. Lantaran hujan deras yang terus mengguyur wilayah tersebut.

 “Sejak menjelang subuh, atmosphere dari Sungai Maras sudah menggenangi ruas jalan dan rumah warga yang posisinya lebih rendah dari jalan,” ujar Indra.

Menurutnya, untuk rumah yang terendam keseluruhan memang tidak ada. Namun rumah yang digenangi dengan ketinggian mencapai 40 cm sebanyak 50 rumah lebih. Banjir yang menimpa Desa Talang Kemang dan beberapa desa sekitarnya ini diakibatkan karena terjadi pendangkalan lagi alur Sungai Maras. Meskipun sebelumnya sudah pernah dilakukan pengerukan alur dan pelurusan alur Sungai Maras.

“Sepertinya alur Sungai Maras sudah mulai dangkal lagi, karena saat hujan deras, airnya sudah meluap dan masuk ke lingkungan perumahan warga. Terutama untuk rumah yang jaraknya tidak jauh dari Sungai Maras,” tegasnya.

Meskipun demikian, kemarin siang sekitar pukul 10.30 WIB, atmosphere yang mengenangi Desa Talang Kemang ini sudah mulai surut. Serta aktivitas masyarakat sudah kembali berjalan seperti biasanya. Masyarakat sekitar meminta kepada Pemkab Seluma melalui dinas terkait untuk bisa melakukan pengerukan kembali. Sehingga Alur Sungai Maras bisa lebih lancar. Serta tidak mudah meluap saat curah hujan tinggi.

“Ini menjadi kebiasaan jika hujan dengan curah tinggi desa dan kawasan rendah di genangi air. Sehingga diharapkan bisa dilakukan pengerukan di muara sungai ini,”pungkasnya.(333)

More about ...