Dian Sastrowardoyo sang pemilik lidah Aruna


Foto Dian Sastrowardoyo sebagai Aruna Rai yang dikisahkan dalam film Aruna dan Lidahnya

Palari Films akhirnya membuka tabir tentang siapa pemilik lidah yang dalam foto disebutkan sebagai pemeran Aruna dalam film Aruna dan Lidahnya. Sosok itu adalah Dian Sastrowardoyo.

Sejak pertama foto yang hanya memperlihatkan bagian bibir dan lidah tersebut diunggah melalui Instagram (23/4/2018), telah ramai yang menyebut nama Dian dengan keyakinan penuh.

“Pastinya si ibu clever Dian Sastrowardoyo. Aih, enggak sabar menunggu filmnya,” demikian tulis pemilik akun fajridarti. Akun ibnuakbar tanpa ragu menulis, “Tentu saja mba Disas.”

Film Aruna dan Lidahnya merupakan persembahan kedua Palari usai memproduksi Posesif (2017).

Kursi penyutradaraan kembali diserahkan kepada Edwin yang pada penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI) meraih gelar “Sutradara Terbaik”.

Untuk penulisan skenario, kali ini bukan Gina S. Noer yang bertugas melainkan Titien Wattimena. Alumni Institut Kesenian Jakarta itu telah beberapa kali menjadi nomine FFI kategori penulis skenario asli dan adaptasi terbaik.

Film ini merupakan adaptasi novel berjudul sama karya Laksmi Pamuntjak (46) yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama pada 2014.

Seperti judulnya, novel setebal 426 halaman itu mengisahkan perjalanan Aruna Rai, perempuan berusia 35 yang berpikir dan terobsesi dengan makanan 24 jam dalam sehari. Padahal profesinya adalah seorang epidemiologist alias ahli wabah, terutama influenza unggas.

Dilansir Metrotvnews.com (14/11/2014), Laksmi mengaku butuh 1,5 tahun untuk merampungkan novel Aruna dan Lidahnya.

“Saya memang sudah lama ingin membuat novel yang bertemakan kuliner. Selalu ada cerita yang tersimpan dalam sebuah hidangan, tentang proses pemilihan bahan sampai penyajiannnya. Dari proses tersebut tak jarang memunculkan hal-hal yang tak terduga, seperti persahabatan, pengertian dan juga tenggang rasa,” terang Laksmi.

William Wongso, pakar kuliner asal Indonesia, menyebut novel ini berhasil ditulis dengan indah, humanis, bersahaja, bergairah, dan diisi percakapan menarik seputar kuliner.

Apakah Dian berhasil menghidupkan tokoh Aruna tentu masih harus dinantikan.

Dalam rilis pers yang diterima Beritagar.id (3/5), film Aruna dan Lidahnya dijadwalkan tayang 2018 dengan tanggal yang belum dipastikan. Ini merupakan film pertama Dian dalam setahun terakhir.

Sejak mengawali karier di layar lebar lewat Bintang Jatuh (2000), alumni pemilihan indication remaja Gadis Sampul itu bukan tipikal pemain yang rutin membintangi dua atau tiga film dalam setahun.

Bahkan ia sempat menghilang sejenak dalam industri perfilman usai membintangi 3 Doa 3 Cinta (2008) dan baru muncul lagi sebagai Tania dalam film 7/24 (2014). Aruna dan Lidahnya melengkapi filmografi Dian menjadi 15.

Ada beberapa kesamaan antara Dian dan Aruna, antara lain jenjang usia yang terpaut hanya setahun dan kesukaan terhadap makanan.

Dian (36) bersama empat sahabatnya saat ini mengelola restoran MAM yang menyajikan makanan sehat. Sebelumnya ia ikut pula menjalankan bisnis katering diet bernama 3 Skinny Minnies.

Perihal akting, kualitas Dian yang terakhir kali muncul sebagai pemeran utama film biografi play Kartini (2017) jelas tak perlu diragukan lagi.

Beberapa penghargaan dalam bidang keaktoran berhasil dikantonginya. Salah satunya membawa pulang Piala Citra sebagai aktris terbaik dalam penyelenggaraan FFI 2004. Klop.

Film Aruna dan Lidahnya tentu bukan hanya akan dibintangi oleh Dian. Masih ada tiga pemain utama lainnya, yaitu Bono, Nadezhda Azhari, dan Farish.

Pemeran tiga tokoh tersebut akan diumumkan Palari secara bertahap dalam beberapa waktu mendatang.

Sebagai gadis sederhana penikmat makanan, maka tak ada yang lebih pas untuk memerankan Aruna selain @therealdisastr. Selain berakting, Dian juga memiliki bisnis makanan bersama 2 orang temannya. Kebetulan yang sungguh menarik. Nantikan aktingnya dalam film terbaru persembahan @palarifilms, Aruna dan Lidahnya. #ArunaDanLidahnya #PalariFilms #FilmIndonesia #FilmNasional

A post common by Palari Films (@palarifilms) on May 3, 2018 during 2:00am PDT

Aruna sangat mencintai makanan. Baginya, tak ada hal di dunia ini yang menarik selain makanan. Makanan adalah hal sakral yang harus dinikmati dengan sepenuh hati. Siapakah yang akan memerankan gadis pecinta makanan yang memikat ini? Nantikan segera! #ArunaDanLidahnya #PalariFilms #FilmIndonesia #FilmNasional

A post common by Palari Films (@palarifilms) on May 2, 2018 during 8:04pm PDT

More about ...