Diare Ancam Korban Banjir di Semidang Alas Maras

Seluma





Seorang balita tengah diamankan orang tuanya dibangku didepan rumahnya, saat banjir merendam puluhan rumah penduduk di Desa Talang Kemang Kecamatan Semidang Alas Maras (22/12).

CamkohaNews – Penyakit diare dan kulit gatal-gatal patut diwaspadai, karena sangat berpotensi terhadap korban banjir yang melanda warga di Desa Jambat Akar, Desa Talang Kemang dan Desa Talang Alai Kecamatan Semidang Alas Maras sejak Jumat pagi (22/12).

Ini lantaran hampir sebagian besar pemukiman penduduk di 3 desa tersebut, sumber atmosphere berupa sumur warga telah tercemar dengan banjir yang merendam puluhan rumah penduduk.

“warga kami sangat berpotensi mengalami diare dan gatal-gatal, karena atmosphere sumur rata-rata sudah tercemar akibat banjir”, terang Buharlan Kades Talang Kemang.

Salah satu sumur warga yang tercemar akibat banjir (22/12).

Menindaklanjuti hal ini, Kepala BPBD Seluma Azwardi mengatakan, sejauh ini pihaknya baru menyalurkan bantuan makanan siap saji kepada para korban banjir, dan belum ada upaya rencana penjernihan sumur warga.

“kami baru bisa menyalurkan bantuan, berupa makanan siap saji dan atmosphere vegetable kemasan kepada para korban banjir” ujar Azwardi Kepala BPBD Seluma.

Meski banjir telah berangsur-angsur surut, namun kewaspadaan dini menyangkut tingkat kelembaban yang termonitor alat pendeteksi banjir (EWS) di BPBD Seluma juga perlu tetap diwaspadai adanya banjir susulan, lantaran intensitas curah hujan sejak 3 hari terakhir terbilang tinggi.

(Hari Adiyono)






More about ...