Disperindag Denpasar kembali Gelar “Petinget Rahina Tumpek Landep”

Denpasar (Bisnis Bali) – Pameran Industri Logam dan Mesin “Petinget Rahina Tumpek Lansep 2018” kembali digelar Dinas Perundustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar. Pameran ke sepuluh kalinya ini mengusung tema “Industri Logam Bernuansa Ritus Tumpek Landep” yang digelar pada 19-22 Oktober 2018 di Depan Museum Bali Denpasar.

Sesuai rencana Petinget Rahina Tumpek Landep ini dibuka Wali Kota Denpasar. Hal ini disampaikan Plt. Kepala Dinas Perindag Kota Denpasar Ir. IB Anom Suniem, M.M., yang didampingi Kasi Logam dan Mesin, we B Yoga Endartha, S.E., Rabu (10/10) saat rapat teknis persiapan pameran di Ruang Rapat Diaparda Gedung Sewaka Dharma Lumintang.

Menurutnya, pameran Tumpek Landep sudah menjadi bagian masyarakat Kota Denpasar, terbukti memberikan suggestion dan pengetahuan serta pemahaman yang benar tentang perungatan Tumpek Landep. Kegiatan ini dimulai dari tahun 2009 sampai tahun 2017 lalu dan akan diadakan secara rutin setiap tahunnya. Kegiatan ini sebagai objek pemajuan kerajinan dan industri kreatif.

”Maksud dan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman tentang makna dan peranan hari Tumpek Landep sebagai engine penggerak teknologi di Bali. Berasal dari ketajaman pikiran adnyana sehingga tercipta berbagai Industri logam dan mesin. Mengembangkan Kota Denpasar sebagai jembatan peradaban berskala lokal, nasional, dunia. Memotivasi para perajin Khususnya Perajin Pande Besi dan emas perak untuk dapat meningkatkan produktifitas dan Kreatifitasnya dengan bertukar pikiran dengan sesama perajin dan masyarakat,” katanya.

Pameran tahun ini akan melibatkan 95 orang peserta dengan fasilitas 44 mount ukuran 3 x 3 scale yang terdiri dari  15 mount untuk bursa keris dengan jumlah peserta sebanyak 35 orang. 23 mount untuk pameran produk pande besi, emas perak, buku Agama Hindu dan kerajinan lainnya dengan jumlah peserta sebanyak 52 orang. 5 mount untuk kuliner sebagai pendukung kegiatan dengan jumlah peserta 8 orang dan 1 Stand untuk panitia.

”Pembukaan Pameran Industri Logam dan Mesin Petinget Rahina Tumpek Landep tahun ini akan ditandai dengan pelepasan peserta Kirab dengan tema Pemulyaan Keris Pusaka dan Senjata Logam sebagai Pusaka Nusantara melibatkan peguyuban keris, tokoh  masyarakat, pecalang, perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar, dan dari unsur lainnya.

Pada kirab tahun ini akan diarak kembali Keris Denpasar dengan panjang 1 meter. Ada pameran keris, bursa keris, pameran kerajinan produk pande besi, emas perak, mesin, dan kerajinan lainnya. Juga dilaksanakan serasehan dengan tema Jelajah Budaya Tumpek Landep, sebagai Objek Pemajuan Kerajinan Dan Industri Kreatif. Dan  dimeriahkan dengan kesenian tradisional diantaranya Wayang Cenk Blonk, Arja Akah Canging, Bondres STI Bali dan Bondres Rare Kual. (sta)

More about ...