Duel Indonesia Vs UEA, Kapten Hansamu Optimis Menang

TEMPO.CO, Jakarta – Kapten Timnas U-23, Hansamu Yama Pranata optimistis skuad Merah Putih bakal menang dalam duel Indonesia Vs UEA di babak 16 besar Asian Games 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Jumat, 24  Agustus 2018.

Baca juga: Timnas U-23 Indonesia Vs UEA: Milla Andalkan Permainan Cepat

Namun Hansamu mengakui, mengalahkan tim Uni Emirat Arab bukan hal yang mudah, terlebih Timnas U-23 punya catatan buruk saat menghadapi tim asal negara Timur Tengah. Terakhir Hansamu dkk harus menyerah 1-2 pada Palestina di fase grup.

“Harus optimis bisa menang, kami akan berusaha mewujudkannya di pertandingan,” kata Hansamu seusai latihan di Lapangan ABC, Gelora Bung Karno, Senayan, Rabu pagi, 22 Agustus 2018.

Menurut pemain kelahiran Mojokerto, Jawa Timur itu, hal yang pale penting disiapkan oleh para pemain sebelum bertanding adalah mental dan semangat juang.

“Untuk urusan taktik dan strategi kita serahkan sepenuhnya kepada pelatih, sedangkan bagi kita pemain cukup mental yang kuat agar tim Indonesia bisa meraih hasil maksimal,” kata Hansamu.

Ia menilai, tipikal pemain UEA hampir sama dengan Hong Kong, yakni memiliki postur tubuh tinggi dan kemungkinan akan memaksimalkan keunggulan fisiknya saat meladeni Timnas yang rata- rata berpostur kecil.

Baca juga: Timnas U-23 Indonesia Vs UEA, Milla: Jangan Terpancing Provokasi

“Kami sudah punya pengalaman saat melawan Hong Kong, dan ternyata kami bisa mengalahkannya, makanya kami optimis bisa melalui babak 16 nanti,” kata Hansamu.

Terkait dengan kemungkinan taktik provokasi yang akan diterapkan oleh pemain UEA, Hansamu mengaku sudah mendapatkan arahan khusus dari pelatih Luis Milla agar tetap fokus pada pertandingan dan sebisa mungkin menghindari keributan.

“Dalam diri sendiri harus diyakinkan untuk bisa bersabar, caranya mungkin dengan membaca istigfar,” kata Hansamu.

Khusus menyambut Idul Adha tahun ini, Hansamu mengaku juga ikut berkorban sapi, tapi penyemebelihanya dilaksanakan di kampung halamannya yakni di Mojokerto, Jawa Timur.

Pertandingan Indonesia Vs UEA akan dilangsungkan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, mulai pukul 16.00.

More about ...