Ed Sheeran Terima Penghargaan Artist of a Year di Konferensi Music Biz 2018

NAMA Ed Sheeran bisa dibilang amat moncer di industri musik internasional. Penyanyi dan penulis lagu asal Inggris itu bahkan telah membawa pulang berbagai penghargaan. Mulai dari Brit Award hingga Grammy.

Kini, Sheeran menambah lagi koleksi penghargaannya dengan sebuah endowment dari Music Biz. Pemberian penghargaan untuk Sheeran itu diumumkan Kamis (5/4).

Acara yang digelar untuk memajukan industri musik tersebut memberikan pengakuan atas pencapaian Sheeran sebagai penulis lagu yang sukses juga kesuksesan manuscript Divide. Selain itu, penghargaan tersebt juga diberikan atas pencapaian sejumlah platimun untuk lagu-lagu Sheeran, angka streaming yang tinggi, hingga tur yang selalu sold out.

Penulis lagu asal London tersebut memang terkenal jagoan dalam menulis hit. Thinkin’ Out Lout, Perfect, dan lagu Love Yourself yang dibawakan Justin Bieber merupakan karya-karya hitnya. Tak hanya itu, pelantun Photograph itu juga menjadi musisi yang pale banyak di-streaming di Spotify. Untuk urusan tur, Sheeran juga selalu sukses menjual seluruh tiket konsernya.

Auckland night #1 ! – print by @zakarywalters

A post common by Ed Sheeran (@teddysphotos) on Mar 24, 2018 during 6:18pm PDT

“Ed Sheeran memiliki tahun yang mengagumkan. Hanya sedikit artis yang bisa mencapai apa yang telah ia capai. Ia mencetak rekor untuk streaming manuscript Divide. Hal itu membantu membuat streaming menjadi arus utama di industri musik. Selain itu, ia tetap bisa berjaya di tangga lagu Billboard 100 sebagai bukti kesuksesan penjualan manuscript dalam bentuk fisik,” ujar Presiden Music Biz James Donio.

Ia juga menambahkan bahwa meskipun kiprah Sheeran sudah beberapa tahun di industri musik, tahun 2017 menjadi tahun yang amat berkilau buat dia. Oleh karena itu, pihak Music Biz amat senang menganugrahkan penghargaan Artist of a Year kepada tunangan Cherry Seaborn tersebut. Nama Sheeran akan bersanding dengan penerima penghargaan yang sama sebelumnya, di antaranya Adele, Katy Perry, Taylor Swift, Coldplay, dan Green Day.

“Setahun belakangan ini memang amat mengesankan, tak terduga. Aku amat mengapresiasi penghargaan dari Music Biz ini. Tentu saja, semua ini tak akan mungkin terwujud tanpa dukunga fans dan tim yan teramat fantastis di belakangku,” ujar Sheeran saat menanggapi pemberian award tersebut.

Selain Sheeran, sejumlah nama tip industri musik dunia juga akan menerima penghargaan di ajang Konferensi Music Biz 2018. Manajer dan pencari bakat Scooter Braun akan menerima Harry Chapin Memorial Humanitarian Award dan penyanyi Julia Michaels mendapat reakthrough Artist Award.

Konferensi ke-60 Music Biz akan digelar 17 Mei mendatang di Nashville, Amerika Serikat.

Selamat, Ed Sheeran.(dwi)

More about ...