Enggan Bergantung pada Dunia Hiburan, Ratna Listy Semakin Getol Berbisnis


JAKARTA – Lama tak muncul di layar kaca, aktris dan penyanyi Ratna Listy rupanya memiliki kesibukan baru. Perempuan 43 tahun itu, mengaku, saat ini tengah getol mendalami bidang bisnis.

“Kebetulan ada teman yang menjalankan bisnis kuliner dan dia menawari saya untuk bekerja sama,” kata Ratna saat ditemui di kawasan Kramat Pela, Jakarta Selatan.

Mengenai keputusannya berbisnis di jalur kuliner, Ratna Listy memiliki alasan tersendiri. Baginya, bisnis harus diawali dari hal-hal yang disukai. Apalagi, menurut dia, bebek adalah salah satu menu makanan favoritnya.

Menjajaki industri kuliner, bukanlah pengalaman pertama Ratna berbisnis. Sebelumnya, penyanyi asal Madiun, Jawa Timur, itu telah lebih dahulu merintis bisnis event organizer dan jual beli produk kecantikan dengan skema multi-level marketing (MLM). Di bawah bendera Ratna Listy Production, ibu dua anak ini sempat mengurusi event pernikahan, rilis produk, hingga gathering.

Ratna menjelaskan, berbisnis merupakan salah satu bentuk investasi untuk menyokong hidupnya di masa depan. Sadar popularitas di industri hiburan Tanah Air hanya bersifat sementara, Ratna menjadikan dunia bisnis sebagai upayanya mengais rupiah.

“Kita kan harus sedia payung sebelum hujan. Apalagi saya ini berstatus single parent dan enggak tahu sampai kapan bisa berjuang sendirian. Karena itu, selain menjadi artis aku harus punya back up untuk masa depan,” terangnya.

Kendati sibuk berbisnis, Ratna mengaku, tak melupakan kecintaannya terhadap dunia tarik suara. Dalam waktu dekat, dia berencana comeback dengan merilis single baru berjudul Seadanya Berkasih. Ratna tercatat, mengeluarkan karya terakhir pada tahun lalu. Kala itu, dia merilis Tresno Jaman SMP bersama musisi Deddy Dores.

Seperti diketahui, Ratna mengawali karier profesionalnya di dunia hiburan pada tahun 1995. Hingga saat ini, dia telah menelurkan lima manuscript solo serta dua manuscript duet. Dari dunia tarik suara, Ratna kemudian menjajal kemampuannya berakting.

Ia tercatat pernah bermain dalam sejumlah judul film dan sinetron. Mengejar Malam Pertama, Bintang di Langit Belitong, Tanda Akhir Zaman, Shakila, dan Menjemput Impian, adalah sejumlah karyanya di dunia akting.  

(SIS)