Gagal Ikut Pilgub Jabar 2013, Daday Hudaya Mau Maju Lagi 2018

BANDUNG,(PR).- Meski tidak mendapatkan suara signifikan dalam pemilihan gubernur (pilgub) pada tahun 2013 lalu, namun Daday Hudaya berencana maju lagi dalam pilgub tahun 2018. Kalau sebelumnya Daday maju melalui jalur perseorangan, maka pilgub tahun 2018 akan maju melalui jalur partai politik.

“Insya Allah saya siap maju di perhelatan pilgub Jabar tahun 2018,” kata Daday Hudaya yang juga mantan Anggota DPR RI Bandung-Cimahi, Senin, 24 Juli 2017, di rumahnya.

Daday menegaskan akan maju merebut posisi di Gedung Sate. “Sudah pasti saya maju dengan visi Nata Lembur Jang Urang Lembur (menata desa untuk warga desa, red),” kata Daday. Menurut Daday, tekad maju sudah bulat seperti Pilgub Jabar 2013, namun tentunya akan memilih jalur partai politik setelah sebelumnya mencoba jalur perseorangan.

“Untuk tahun 2018 saya pasti ambil jalur partai. Doakan saja dalam minggu-minggu ini siap memimpin salah satu Partai di Jabar,” ujarnya.

Akan tetapi, Daday masih menutupi partai mana yang akan dia nakhodai sebagai ketua wilayah di Jawa Barat ini. “Yang pasti partai tersebut partai yang masuk enam  besar di Pemilu 2014 dengan raihan kursi cukup mumpuni. Saya tidak bisa menyebut partai apanya. Lihat saja ya dalam minggu ini ada perubahan konstalasi di Jawa Barat. Saya siap memimpin Partai itu,” ucapnya.

Dukungan agar maju di Pilgub Jabar disampaikan Pimpinan Padepokan Kampung 9 Garuda Paksi, Eko, yang menyatakan saatnya pituin Tasikmalaya mimpin Jawa Barat. “Daday ini orang Tasik yang besar di Jabotabek. Nyalon DPR dari Bandung-Cimahi. Saatnya memulai lagi dari Tasik untuk Jawa Barat,” tuturnya.

Daday juga, kata Eko, merupakan Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jabar sehingga sangat tepat memiliki Visi Nata Lembur Jang Urang Lembur. “Visi itu sangat tepat karena sebagian besar wilayah Jawa Barat adalah perdesaan,” ujarnya.

Calon perseorangan

Pada 2012, Daday Hudaya menggandeng musisi Deddy Dores untuk maju Pilgub Jabar 2013. Keduanya menyerahkan dokumen ke KPU Jabar di hari terakhir pendaftaran.

Pendaftaran ke KPU berlangsung heboh karena Daday-Deddy datang menggunakan delman yang juga didampingi enam ekor kuda dengan pawangnya. Delman itu dinaiki dari mulai Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro sampai ke kantor KPU di Jalan Garut Kota Bandung.

Sebelumnya, nama Daday juga terdaftar sebagai pelamar posisi cagub Partai Demokrat. Namun, nama Dede Yusuf dan Lex Laksamana yang keluar sebagai pasangan yang didaftarkan Demokrat ke KPU saat itu.***

More about ...