Gairahkan Perekonomian Batam, Nongsa Digital Park Dibangun

BATAM, KOMPAS.com – Geliat bisnis digital ikut direspons oleh Citramas Group. Melalui anak perusahaan PT Taman Resor Internet (Tamarin), Citramas membangun kawasan industri digital yang diberi nama Nongsa Digital Park (NDP). 

Bertempat di wilayah Nongsa, tahap pertama pembangunan NDP dilakukan. Groundbreaking dilakukan secara simbolis pada Kamis (8/6/2017) dan dihadiri antara lain oleh Presiden Direktur NDP Michael Wiluan, CEO Citramas Group Kris Wiluan, dan Sekda Batam Jefridin.  

“Kami memilih wilayah Nongsa karena dekat dengan bandara dan pelabuhan internasional sehingga para pekerja digital itu akan punya akses tak terbatas,” kata Marco Bardelli, Direktur NDP. 

Dari 60 hektare lahan, dalam pembangunan tahap pertama, direncanakan akan dibangun 10 kantor digital. Tiga di antaranya diharapkan akan bisa rampung pada kuartal pertama 2018. 

Pemerintah Kota Batam menyambut positif pembangunan NDP. Menurut Jefridin, selain bisa menggairahkan kembali ekonomi Batam yang tengah lesu, pembangunan NDP diharapkan membuat masyarakat kian melek terhadap perubahan. 

“Saya datang mewakili Wali Kota yang tak bisa hadir karena tengah menghadapi demo taksi akibat adanya taksi online. Ini membuktikan bahwa sebagian masyarakat belum siap menghadapi perubahan ke arah digital,” tuturnya. 

Mengusung konsep “Work, Live, Play”, NDP diharapkan tidak hanya menjadi sekadar tempat kerja bagi para pekerja digital, khususnya penggiat start up. 

“Kami berharap NDP ini bisa meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat Indonesia, khususnya di Batam itu sendiri,” tutur Michael. 

Berdasar pengumuman Bank Indonesia, tingkat pertumbuhan ekonomi Kepulauan Riau pada 2016 turun menjadi 5,03 persen dari 6,01 persen pada 2015. Namun, pertumbuhan Kepri masih lebih 0,01 persen daripada pertumbuhan nasional pada 2016. 

Menurut Kris WIluan, proses pendanaan NDP murni menggunakan kekuatan finansial Citramas Group. Dia joke belum berpikir untuk melepas saham NDP ke publik.

More about ...