Goal 25 – Peringkat 8: Hansamu Yama

Hansamu menjadi salah satu dari 25 pemain terbaik Indonesia versi Goal Indonesia.


LIPUTAN   ALDIV ALFASERA       


Goal Indonesia mengumumkan 25 pemain terbaik Indonesia yang menilai penampilan pesepakbola tanah atmosphere sepanjang 2016 lalu. Daftar ini disebut GOAL 25. Berbagai nama masuk ke dalam penilaian awal redaksi Goal Indonesia, yang terdiri dari tim editor, jurnalis, dan koresponden daerah. Hasilnya, tersusun pemeringkatan 25 pemain terbaik yang daftarnya akan kami umumkan satu persatu secara hitung mundur. Untuk peringkat kedelapan, terdapat bek Barito Putera Hansamu Yama Pranata, simak wawancara eksklusif dengannya di sini!

Nama Hansamu Yama Pranata kembali melambung tinggi setelah ikut berperan membawa timnas Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2016. Sempat tak menjadi pilihan utama, Hansamu mampu menunjukkan kualitasnya sebagai salah bek muda terbaik Indonesia ketika mendapatkan kepercayaan bermain dari pelatih timnas Indonesia saat itu, Alfred Riedl.

Tak ayal, performa apiknya di Piala AFF tersebut membuatnya kebanjiran tawaran dari berbagai klub di Indonesia maupun luar negeri. Namun dia akhirnya memilih tetap bertahan di Barito Putera untuk musim 2017.

SIMAK JUGA: GALERI Goal 25: Peringkat 15-11

Kini, dia juga termasuk dalam proyeksi skuat SEA Games 2017 yang dilatih pelatih anyar asal Spanyol Luis Milla Aspas. Selain itu, Hansamu juga mendapatkan pelatih baru di Barito Putera.

Itu setelah, manajemen Barito Putera menunjuk pelatih berpengalaman asal Brasil Jacksen Ferreira Tiago. Simak wawancara khusus Goal Indonesia dengan Hansamu berikut ini!

Apa alasan Anda akhirnya memilih tetap bertahan di Barito Putera, meski begitu banyak tawaran dari klub lain?

Saya bertahan karena rasa cinta dan nyaman (di Barito Putera). Di samping itu, saya komitmen dengan kontrak saya sampai tahun 2017. Tawaran dari luar negeri memang ada.

Pada Piala AFF 2016 Anda disebut mampu tampil luar biasa, padahal di awal turnamen sempat tak menjadi pilihan utama?

Setiap pemain pasti ingin sekali bermain, di samping itu juga AFF merupakan eventuality besar. Ya, intinya saya ingin menunjukkan di saat saya diberi kesempatan untuk bermain. Dan Alhamdulillah saya bisa melewati momen itu.

Apakah ada rasa kecewa dengan Alfred Riedl lantaran sempat tak jadi pilihan utama di timnas Indonesia pada Piala AFF 2016?

Memang ada rasa kecewa, soalnya saya tidak dimainkan sejak dari awal timnas uji coba sampai Indonesia berlaga di penyisihan grup AFF. Tapi berkat dia juga saya bisa sampai sekarang. Tapi yang penting pelatih Alfred luar biasa.

Hansamu Yama - Indonesia  Sirach Chanttong - Thailand AFF Suzuki Cup 2016

Yang pale berkesan dari seorang Alfred Riedl?

Alfred Riedl adalah pribadi yang disiplin. Itu yang menonjol dari sosok Alfred Riedl.

Kini, posisi Alfred Riedl digantikan Luis Milla Aspas…

Saya berharap manager Luis Milla bisa membawa timnas Indonesia lebih baik lagi dan disegani.

Harapan Anda tentang Barito Putera yang kini dilatih Jacksen F Tiago? 

Tentu saya berharap manager Jacksen bisa membawa Barito Putera lebih berprestasi dan mampu mencetak bibit pemain muda berkualitas. Saya joke memiliki aim pribadi untuk selalu tampil baik di setiap pertandingan.

PSSI menerapkan regulasi agar setiap klub agar memberikan kesempatan untuk pemain muda di kompetisi, apakah ini menguntungkan untuk pemain muda seperti Anda?

Regulasi PSSI sangat bagus. Itu memberikan kesempatan dan kemudahan kepada para pemain muda untuk berprestasi.

Kesan Anda masuk dalam jajaran 25 pemain terbaik Indonesia versi Goal Indonesia? 

Saya ucapkan terima kasih saya diberikan kepercayaan itu. Saya sangat bangga, tentunya enggak menyangka. Semoga ini menjadi motivasi saya dalam berprestasi lagi di sepakbola, dan menjadi motivasi bagi para pemain dalam berkarier di kancah sepakbola nasional.

 

Selamat untuk Hansamu Yama! Simak terus rentetan serta konten eksklusif kami hingga akhirnya pengumuman pemain yang menempati peringkat puncak!(gk-67)

#9


#7