Hansamu Yama, Aktor Kunci Pertahanan Indonesia U-23 di Asian Games 2018

Bola.com, Jakarta – Timnas Indonesia U-23 disebut memiliki kualitas lini belakang yang tangguh saat ini. Situasi itu ditengarai bisa terjadi karena Hansamu Yama Pratama yang bertugas sebagai jenderal di jantung pertahanan.

Dalam enam laga uji coba internasional jelang Asian Games 2018, Hansamu selalu tampil di atas lapangan. Kualitas lini belakang skuat Garuda Muda yang dipimpin bek asal Mojokerto itu dinilai cukup apik, kendati tim tidak sekalipun menuai hasil positif.

Indonesia U-23 memang mengalami masing-masing tiga kekalahan dan hasil imbang. Namun, ada hal positif yang tersemat di balik statistik teenager tersebut.

Kualitas lini belakang tim besutan Luis Milla itu dianggap mengalami peningkatan. Dari enam uji coba internasional, Indonesia U-23 hanya kebobolan lima gol. Mereka joke bermain 0-0 kontra Korea Utara, Uzbekistan, dan Thailand (pertandingan kedua).

Hansamu Yama dan kawan-kawan bahkan menunjukkan perlawanan sengit ketika bersua lawan berat seperti Korea Selatan. Dalam laga yang digelar di Stadion Pakansari itu, Indonesia U-23 hanya takluk dengan skor tipis 1-2.

Tak bisa dimungkiri, lini belakang memiliki peran critical dalam serangkaian hasil uji coba tersebut. Sebagai kapten tim, Hansamu mampu memimpin rekan-rekannya, khususnya di area pertahanan, demi membendung berbagai serangan lawan.

Jika Hansamu Yama dapat menjaga konsistensi permainan, bukan tidak mungkin hasil positif bakal diraih Indonesia U-23 saat bersua China Taipei dalam laga Grup A Asian Games 2018, di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (11/8/2018). 

More about ...