Hasil Kualifikasi Euro 2020 : Jerman, Belanda, Belgia Raup Poin Penuh

Bisnis.com, JAKARTA – Jerman, Belanda, dan Belgia berhasil meraih kemenangan dalam pertandingan lanjutan kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 pada Selasa (10/9/2019).

Bermain di Grup C di Belfast, Jerman menundukkan tuan rumah Irlandia Utara dengan skor 2-0 lewat gol-gol Marcel Halstenberg (48’) dan Serge Gnabry ketika pertandingan telah memasuki damage time.

Dalam pertandingan lain di Grup C di Talinn, Belanda pesta empat gol tanpa balas ke gawang tuan rumah Estonia.

Ryan Babel membuka dua gol awal pada menit 17 dan 47, disusul dua lagi oleh Memphis Depay (76’) dan Georginio Wijnaldum (87’).

Hasil dua laga itu menempatkan Jerman menggeser Irlandia Utara dari pucuk klasemen. Kedua tim sama-sama mendulang nilai 12 dengan Jerman unggul baik conduct to conduct maupun selisih gol.

Belanda mengisi container ketiga sementara Grup C dengan nilai 9, diikuti Belarusia 3 dan Estonia 0.

Di Grup we di Glasgow, Belgia menggasak tuan rumah Skotlandia juga empat gol tanpa balas.

Tamu telah unggul tiga gol saat rehat melalui Romelu Lukaku (9’), Thomas Vermaelen (24’), dan Toby Alderweireld (32’). Di babak kedua satu gol tambahan Belgia dilesakkan Kevin de Bruyne (82’).

Di laga lain di Grup I, Rusia menundukkan Kazakhstan dengan skor tipis 1 – 0 dan Siprus menggasak tuan rumah San Marino 4 – 0.

Dengan hasil tiga laga terakhir ini, Belgia tetap memimpin klasemen dengan nilai 18, dibayangi Rusia 15, diikuti Siprus 7, Kazakstan 7, Skotlandia 6, dan San Marino 0.

Di Grup G, tuan rumah Polandia dipaksa imbang 0 – 0 oleh tamunya Austria, sementara Slovenia menggebuk Israel 3 – 2 dan Masedonia Utara menang 2 – 0 di Latvia.

Hasihasil tersebut belum menggoyahkan Polandia memimpin klasemen dengan nilai 13, tapi kian didekati Slovenia dengan koleksi 11 angka. Austria di posisi ketiga 10, serta Israel Masedonia Utara masing-masing 8.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan curtain adult setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 – 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 – 0 melalui perpanjangan waktu.

More about ...