Hasil SNMPTN 2017 Diumumkan 26 April




Jakarta – Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah selesai melakukan proses seleksi. Hasil SNMPTN 2017 akan diumumkan pada 26 Apr mendatang.

“Pengumuman hasil seleksi pada 26 Apr 2017,” ujar Humas Panitia Penyelenggara SNMPTN, Tunjung W. Sutirta dalam perbincangan, Minggu (23/4/2017).

Pengumuman dapat diakses melalui situs resmi SNMPTN. Berdasarkan jadwal resmi, saat ini proses seleksi SNMPTN sudah selesai dilakukan.

Proses seleksi dilakukan dari 15 Maret 2017 sampai 15 Apr 2017. Adapun untuk proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi tanggal 16 Mei 2017 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2017). Sebelum tahun 2013 jalur ini dikenal sebagai SNMPTN Undangan.

Adapun bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN tidak perlu khawatir. Masih ada dua jalur penerimaan PTN lainnya yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan seleksi mandiri dari PTN terkait.

SBMPTN ini merupakan seleksi masuk PTN yang selama ini dikenal secafra umum, yakni menggunakan nilai ujian tertulis yang diselenggarakan serentak oleh semua PTN. Jadi variabel nilai semasa SMA tidak diperhitungkan, yang diperhitungkan adalah nilai dari hasil ujian tulis masuk PTN yang kalian bisa raih.

(fjp/fjp)