Huawei Mate 20 Pro Ditarik dari Program Android Q Beta

Suara.com – Huawei Mate 20 Pro sebelumnya telah bergabung dengan module Android 10 Q beta chronicle dua pekan lalu, namun sekarang smartphone tersebut telah dihapus dari daftar.

Android Q versi beta saat ini telah tersedia dan dapat diunduh pada perangkat Google Pixel dan 15 smartphone lainnya. Lima belas daftar tersebut mencakup Asus Zenfone 5Z, Essential PH-1, Nokia 8.1, Huawei Mate 20 Pro, LG G8 ThinQ, OnePlus 6T, Oppo Reno, realme 3 Pro, Sony Xperia XZ3, Tecno Spark 3 Pro, Vivo X27, Vivo NEX S, Vivo NEX A, Xiaomi Mi Mix 3 5G, dan Xiaomi Mi 9.

Namun, dengan dihapusnya Huawei Mate 20 Pro, kini hanya terdaftar 14 smartphone selain milik Google Pixel. Hal ini terjadi kemungkinan besar karena Google telah menangguhkan lisensi Android Huawei.

Huawei Mate 20 Pro. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]
Huawei Mate 20 Pro. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]

Dilansir dari GSM Arena, penangguhan ini tertunda selama 90 hari dan hal tersebut dapat dimanfaatkan Huawei ataupun Honor untuk mengantri mendapatkan pembaruan keamanan baru smartphone mereka. Meski begitu, perusahaan China itu tidak akan mendapatkan peningkatan sistem operasi terbaru.

Huawei sendiri telah menyiapkan beberapa smartphonenya untuk menggunakan Android Q. Selain Mate 20 Pro, jajaran P30, Honor V20, serta Honor Magic 2 seharusnya akan mendapatkan sistem operasi Android Q.

More about ...