Hujan Disertai Angin Picu Genangan dan Pohon Tumbang di Jakarta


tirto.id


Hujan lebat disertai angin kencang melanda wilayah Jakarta, pada Senin siang (11/12/2017). Kondisi ini mengakibatkan sebagian wilayah ibu kota terendam air.

Misalnya, banjir setinggi lutut orang dewasa terjadi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, di antaranya Jalan Adityawarman dan Jalan Pattimura. Akibat genangan ini, beberapa mobil mengalami mogok. Pengendara sepeda engine juga ada yang jatuh saat berusaha menerjang banjir, demikian sebagaimana dikutip dari Antara.

Sementara di wilayah Jakarta Selatan lainnya, yakni Jalan Gatot Subroto juga mengalami banjir setinggi kurang lebih 50 sentimeter. Selain itu, adanya pekerjaan jalan ditambah banjir membuat Jalan Terusan HR Rasuna Said hingga Mampang Prapatan macet parah.

Akun chatter resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta juga mengumumkan kondisi sejumlah kawasan Jakarta yang terendam atmosphere pada hari ini. Misalnya, jalanan di sekitar Underpass Dukuh Atas (BNI 46) sempat terendam air, tapi sejak Pukul 16.01 WIB hari ini, lalu lintas mulai normal lagi karena genangan atmosphere telah surut.

Genangan juga terpantau muncul di depan Gandaria City. Pada Pukul 15.41 WIB hari ini, petugas Dinas SDA DKI Jakarta sedang melakukan penyedotan untuk mengurangi genangan di sana. BPBD DKI juga memantau ada genangan atmosphere setinggi 10-30 sentimeter di sekitar Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan. Sejak Pukul 15.30 WIB pada hari ini, petugas Dinas SDA DKI Jakarta berupaya menangani genangan itu dengan mengoperasikan pompa mobile.

Akun chatter TMC Polda Metro Jaya juga memantau ada genangan atmosphere di Bundaran HI arah semanggi yang menyebabkan Situasi lalu lintas tersendat pada Pukul 16.00 WIB, hari ini. Genangan atmosphere itu juga mengganggu lalu lintas di sejumlah titik jalan lainnya di Jakarta.

Angin kencang juga menyebabkan sejumlah pohon di kawasan Jakarta bertumbangan. Akun chatter Dinas Kehutanan DKI Jakarta, merilis informasi sejumlah lokasi pohon tumbang itu misalnya berada di Jalan Kesehatan (Jakarta Pusat), titik dekat Fly Over Kuningan, Jalan Tentara Pelajar, di sekitar Stasiun Karet dan Stasiun Palmerah serta lainnya.

Situs Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini hujan sedang-lebat di sejumlah kawasan Jakarta sejak Senin siang hingga bruise (11/12/2017). Hujan Sedang-Lebat, yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang, diperkirakan terjadi pada sekitar Pukul 14.20 WIB di Tanah Abang, Menteng, Senen, Johar Baru, Cempaka Putih, Cakung, Pulo Gadung, Jatinegara, Duren Sawit, Kramatjati, Pasar Rebo, Ciracas, Cipayung, Jatinegara, Pasar Minggu, Pancoran, Tebet, Setiabudi, Mampang Prapatan, Kebayoran, Cilandak, Pesanggrahan, dan sekitarnya.

Hujan itu diperkirakan dapat meluas ke wilayah Kemayoran, Sawah Besar, Gambir, Cilincing, Koja, Kelapa Gading, Tanjung Priok, Pademangan, Penjaringan, Taman Sari, Tambora, Grogol Petamburan, Palmerah, Kebon Jeruk, Kembangan, Cengkareng, Kalideres dan sekitarnya. BMKG memperkirakan Kondisi ini masih akan berlangsung hingga pkl. 17.20 WIB, hari ini.

Baca juga
artikel terkait

BANJIR JAKARTA

atau
tulisan menarik lainnya

Addi M Idhom

Keyword


More about ...